Usaha Buku
Jul6

4 Cara Membuat Ebook Viral Marketing

0 komentar

Mampukah ebook gratis dijadikan alat untuk viral marketing demi mempopulerkan bisnis online? Cara marketing yang cukup berpengaruh dalam meningkatkan kepopuleran bisnis online dalah viral marketing.

Walau cara viral marketing bisa berdampak terbentuk jaring laba-laba yang tidak menghasilkan produktifitas karena misinya bisa hanya memanfaatkan tenaga orang untuk menjualkan produk si pemilik tanpa/tidak bisa memanfaatkan produk yang dimiliki tenaga penjual.

Viral marketing konsep dasarnya adalah membuat marketing (pemasaran) anda bisa menyebar dalam waktu singkat tanpa memerlukan usaha promosi pemasaran yang terlalu besar. Hanya perlu promosi di awal maka seterusnya tidak membutuhkan promosi lagi.

Kekuatan yang dimiliki vial marketing adalah kemampuannya untuk menduplikasi kegiatan promosi bisnis ke seluruh penjuru internet. Jika anda menggunakan konsep viral, melakukan sedikit usaha promosi, maka selanjutnya promosi anda akan berkembang biak, menyebar dengan sendirinya.

Menerapkan viral marketing terjadi bila bisnis online yang dijalankan menggunakan sistem referral alias affiliate. Dengan menerapkan sistem affiliate, maka mudah sekali untuk terjadi viral marketing.

Nah, bagaimana bila sistem viral marketing diterapkan dalam ebook gratis yang akan anda berikan kepada pengunjung?

Daripada anda sibuk menyiapkan sistem affiliate dalam bisnis online anda yang hanya memanfaatkan tenaga penjual saja, masih mending anda memanfaatkan ebook gratis sebagai ebook viral marketing.

Tentu, ada beberapa syarat dalam membuat ebook yang kegunaannya untuk viral marketing.

Langkah #1: Buatlah produk gratis yang menjual. Artinya, walau produk anda diberikan secara cuma-cuma alias gratis tetapi janganlah membuat ebook yang bernilai gratisan. Buatlah ebook yang diperkirakan bisa dihargai 20.000,- atau 30.000,-

Untuk awal-awal, tidak mengapalah anda memberikan ebook berkulitas lumayan bagus tetapi gratis. Sedikit beramal tidak mengapalah. Ini demi strategi viral marketing.

Biasanya cara mendapatkannya dengan mendafatar dulu ke opt-in newsletter agar bisa mendapat update informasi baru lewat email.

Langkah #2: Dalam membuat ebook untuk viral marketing, buatlah ebook yang memang bagian dari ebook yang anda jual. Jadi misal membuat ebook dengan 5 modul. nah 1 modul ebook digunakan untuk diberikan gratis.

Biasanya cara mendapatkannya dengan mendafatar dulu ke opt-in newsletter agar bisa mendapat update informasi baru lewat email.

Langkah #3: Ebook yang anda buat adalah ebook pancingan agar seseorang yang membaca ebook bisa untuk segera membeli ebook yang anda jual. Tentunya, dalam ebook harus selalu memberikan link menuju situs bisnis.

Langkah #4: Cantumkan hak 100% untuk pembaca ebook bahwa ebook bisa untuk disebarluaskan. Berilah informasi kalau ebook yang anda berikan boleh untuk dijadikan bonus dalam bentuk apapun. Dengan syarat, jangan merubah sedikitpun isi ebook.

Bila ebook sudah jadi, maka selanjutnya adalah menyiapkan hal teknis untuk kepentingan bisnis anda yang lain.

Anda harus siapkan autoresponder. Gunanya untuk menampung nama dan email pengunjung.

Gunakan strategi newsletter dalam pemberian ebook gratis yang akan digunakan sebagai viral marketing. Strateginya adalah setiap pengunjung yang mau ebook gratis maka harus bersedia memberikan data dirinya.

Beritahukan juga bahwa pengunjung yang ingin produk gratis bukan hanya mendapatkan ebook gratis tetapi informasi yang berkaitan dengan ebook gratis. Dengan demikian anda akan semakin leluasa menawarkan produk.

Demikianlah cara membuat ebook untuk kepentingan viral marketing.

Baca: Membuat Ebook Gratis

Posting terkait "4 Cara Membuat Ebook Viral Marketing"

Tinggalkan pesan "4 Cara Membuat Ebook Viral Marketing"