Blog Bisnis
Jul15

Latihan Menulis Konten Blog Berkualitas Lewat 2 Langkah

0 komentar

Sekarang latihan membuat konten berkualitas dan menarik alias latihan menulis konten blog berkualitas untuk bisnis online. Saya akan beberkan beberapa tips latihan membuat konten artikel berkualitas.

Tapi tunggu dulu! Alangkah baikya membaca kembali artikel sebelumnya agar tidak terjadi komunikasi batin yang gagal.

Setelah itu, saya akan berikan tipsnya. Inilah tipsnya:

Yang harus dilakukan adalah: Teruslah berlatih menulis. Jangan ada kata berhenti menulis! Rajin-rajin membaca buku-buku berkualitas dan blog-blog berkualitas. Jangan lepaskan kegiatan membaca!

Baca: Cara Menulis Artikel Blog

Tapi tungu dulu! Ada dua jurus untuk mengarahkan gerakan tangan, pikiran dan perkataan batin agar tidak karuan. Seperti ini.

Langkah Pertama:  Latih Menulis dari Hal yang Sederhana Menuju yang Tersulit

Konten ini ada dalam kuasa blog bisnis online. Maksudnya, bila kita ingin melatih gerakan tulisan, jangan fokus menulis di luar tema blog kita! Sekali melanggar gerakan ini, jangan harap akan menemukan konten berkualitas dalam tema blog kita.

Demi sukses bisnis online, tulislah dari tema yang telah ditentukan. Tetapi ada yang perlu diperhatikan yaitu membuat judul. Latih gerakan kita untuk membuat judul. Harus! Bila belum memecahkan masalah judul, jangan harap akan menuai tulisan menarik walau berkualitas bagus

Bila sudah jadi, rasakan sendiri menurut selera kita dan jangan pesimis!

Setelah menguasai judul, tahap yang tersulit bagi pemula adalah mengawali menulis, katanya. Saran saya, tidak usah pusing dengan kalimat pembuka. Sekali tangan kita menulis, itulah kalimat pembuka, itulah awal tulisan. Lambat laun akan bisa membuat kalimat pembuka. Yang penting adalah berikan keyword untuk SEO demi sukses bisnis online.

Jangan lupa, tutup tulisan saat sudah 300 atau 500 kata. Bila terlewat batas, terserah!

Bila sudah melatih mengawali menulis, menulislah sebebasnya. Walau menulis sebebas-bebasnya pun tidak akan mampu dikuasai. Menulislah dengan bebas dengan tetap sesuaikan judul. Bila tidak, akan dianggap “sihir spam” oleh google, becanda 🙂

Demi bisnis online, jangan macam-macam menulis dengan non baku. Harus 80% baku. Bukan apa-apa. Syarat tulisan berkualitas harus ada ke-baku-an. Lagi pula, SEO sangat senang disuguhi hidangan lezat tulisan baku.

Setelah itu kita edit tulisan kita barangkali ada yang salah atau tidak baku.

Kritik dan saran salah satu hal yang paling mudah dan tepat untuk membuat sebuah tulisan yang benar-benar memenuhi keinginan pengunjung. Jika ada kritik membangun, saran dari yang membaca, perhatikanlah. Itu sebagai penilaian final dari tulisan kita.

Langkah Kedua : Membaca Berbagai Tulisan Orang lain Yang Dianggap Berkualitas

Kita menulis, berarti kita pun pernah membaca. Tidak akan pernah bisa menulis bila kita tidak membaca apa pun dari kecil (baca:bodoh huruf). Boleh diteliti kebenenarannya ucapan saya. Jadi, demi sukses bisnis online kita, wajib membaca tulisan orang lain sebelum tulisan kita dibaca.

Dengan membaca pun akan menuai ide baru untuk tulisan kita. Intinya jangan meremehkan tulisan orang lain walau ada keharusan bersikap subjektif.

Apa saja yang harus dibaca? Sesuaikan dengan tema blog kita. Itu yang harus difokuskan.

Penulis mana saja yang harus jadi panutan yang sesuai tema blog kita? Intinya, yang sudah diakui sebagai penulis profesional. Bisa terlihat dari tulisan yang disampaikan dalam blog. Tidak peduli mengenai hasil karya siapa tulisan yang ada di blog itu. Tulisan si pemiliknya atau hasil membeli artikel yang penting berkualitas.

Bagaimana cara membaca? Perhatikan apa-apa saja yang diucapkan seolah-olah kita sedang berbicara. Bila tulisan yang kita baca itu berkualitas bagus, maka akan tertular kualitas dari tulisan itu. Kenapa? Karena kita sudah merasakan berbicara waktu membaca tulisan yang di maksud.

Posting terkait "Latihan Menulis Konten Blog Berkualitas Lewat 2 Langkah"

Tinggalkan pesan "Latihan Menulis Konten Blog Berkualitas Lewat 2 Langkah"