11 Ide Usaha dari Rumah

Usaha pribadi bisa dikatakan memberikan keuntungan yang lebih pasti jika dibandingkan dengan merintis bisnis bersama dengan teman atau kenalan. Dengan menjalankan usaha sendiri, kita bisa meramu apa yang pas dan menghilangkan apa yang kurang tepat dalam sebuah usaha. Salah satu kendala ketika menjalankan usaha adalah ketersediaan modal. Padahal, tidak semua bisnis membutuhkan modal fantastis.

Kamu bisa memulai membuka bisnis dari rumah. Meskipun menjadi usaha kecil-kecilan, namun bisnis ini bisa memunculkan keuntungan yang menggiurkan. Berikut 11 ide usaha dari rumah.

1. Membuka Laundry Kiloan

Di era yang serba praktis seperti sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih memanfaatkan waktunya untuk hal-hal lain. Contohnya seperti mencuci pakaian, dibandingkan dengan menghabiskan waktu mencuci pakaian, lebih baik membayar beberapa puluh ribu untuk laundry pakaian satu minggu penuh. Kamu bisa memulai usaha laundry kecil-kecilan terlebih dahulu dengan membeli 1 mesin cuci. Tawarkan di story whatsapp dan media sosial.

2. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Usaha mencuci motor dan mobil seperti tidak pernah sepi. Kamu hanya perlu memperhatikan harga, kualitas sabun dan air. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini juga tidak begitu besar, cukup dengan Rp2 juta, kamu sudah bisa membuka bisnis ini di rumah.

3. Les Privat

Jika kamu memiliki waktu kosong, gemar belajar dan ingin menjadi guru. Tidak ada salahnya membuka usaha les privat di rumah. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini hanya buku-buku pelajaran terkini dan biaya untuk kebutuhan promosi.

4. Jasa Desain

Bila memiliki kemampuan mendesain gambar, tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan tersebut untuk bisnis baru. Kamu dapat membuka bisnis jasa desain. Bila sudah memiliki laptop, kamu tidak perlu mengeluarkan modal lagi.

5. Penerjemah Bahasa Asing

Jasa penerjemah sekarang menjadi usaha yang cukup menggiurkan. Kamu hanya perlu menawarkan jasa, dan tidak harus mengeluarkan modal sama sekali. Namun, pastikan Kamu benar-benar cakap dalam menerjemahkan bahasa asing.

6. Broker Properti

Broker properti menjadi bisnis yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Kamu hanya perlu menjalin relasi yang kuat saat melakukannya.

7. Berjualan Gorengan

Siapa yang tidak menyukai gorengan? Dibandingkan dengan memasak sendiri, banyak orang lebih suka membeli. Apalagi modal bisnis ini tidak begitu besar.

8. Membuka Warung Kopi

Bisnis warung kopi tidak pernah surut pembeli. Kamu bisa membuka usaha ini di sore hari hingga malam hari.

9. Membuat Kue Kecil

Bila memiliki hobi membuat camilan, tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Kamu dapat memasarkannya secara online.

10. Membuka Jasa Menjahit Baju

Jika memiliki kemampuan untuk menjahit baju, kamu tidak boleh menyianyiakannya. Bisnis ini sangat menarik, bayangkan jika 1 buah baju dihargai Rp 70 ribu dan dalam sehari kamu bisa membuat 2 baju.

11. Membuka Catering Makanan Sehat

Membuka usaha kuliner catering makanan dengan menu sehat bisa menjadi pilihan. Apalagi semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya memenuhi nutrisi tubuh saat ini.

Apapun bisnis yang ingin kamu buka, pastikan kamu melakukannya secara sungguh-sungguh. Semoga 11 ide usaha dari rumah di atas dapat menginspirasimu.

2 thoughts on “11 Ide Usaha dari Rumah”

Leave a Comment