Berbagai Khasiat Krokot yang Harus Diketahui

Krokot atau yang memiliki nama latin Portulaca oleracea, mungkin sering dianggap sebagai tanaman liar dan tidak bisa digunakan. Sebenarnya, di Indonesia ada begitu banyak tanaman yang bisa dikonsumsi, bahkan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi sayuran bahkan bisa bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

krokot

Mengenal Tanaman Krokot

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari tanaman ini, atau malah belum pernah melihat tanaman ini sama sekali. Sebenarnya, jenis tanaman ini dapat ditemukan dengan mudah. Tanaman sekulen ini banyak ditemukan di negara Indonesia, Afrika Selatan, Eropa Selatan dan Australia.

Tanaman ini mempunyai daun berpermukaan halus. Bentuk daunnya cukup kecil serta mempunyai bentuk seperti sendok. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai bunga yang muncul ketika musim hujan. Warna bunga dari tanaman ini cukup variatif.
Salah satu keunikan dari tanaman ini adalah habitatnya, karena bisa kamu temukan di pinggir jalan atau tumbuh dengan liar. Tidak banyak yang tahu bula tanaman ini dapat diolah menjadi makanan lezat.

Dulunya, tanaman ini sering digunakan sebagai salad. Keunggulan dari krokot ketika diolah menjadi makanan adalah kandungan kalorinya yang begitu rendah, bahkan per 100 gramnya hanya mengandung kurang lebih 16 kalori saja. Tentu saja tanaman ini cocok untukmu yang sedang menjalankan program diet.

Tanaman ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Bahkan di dalam 100 gram tanaman ini mengandung vitamin A, C, magnesium, mangan, kalium, zat besi hingga kalsium. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin B1, B2 serta B3.

Berbagai Khasiat Krokot Bagi Kesehatan

Selain memiliki kalori yang rendah, tanaman ini juga memiliki berbagai macam khasiat. Berikut berbagai khasiatnya, antara lain:

1. Mencegah stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapapun, apalagi bagi mereka yang gemar mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Tanaman ini bisa menjadi pencegah stroke karena memiliki kandungan yang bisa melunturkan kolesterol jahat.

2. Mencegah kanker

menurut penelitian yang dilakukan di Tiongkok, tanaman ini bersifat antioksidan sehingga bisa mengurangi stress di dalam tubuh. Selama dilakukannya uji coba penelitian, tanaman ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan tumor.

3. Dapat menurunkan berat badan

Tanaman ini memiliki kandungan serat yang tinggi, inilah alasan mengapa ketika saat mengkonsumsi krokot, kita merasa lebih kenyang, dan tidak merasa lapar dalam waktu cukup lama.

4. Mengatasi pencernaan

Banyak pengobatan Tiongkok yang menggunakan tanaman ini untuk mengatasi masalah pencernaan seperti wasir hingga diare, hingga sekarang tanaman ini menjadi solusi untuk masalah pencernaan. Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan senyawa organik yang berada di dalam tanaman seperti asam malat, sitrat, alanin dan lainnya.

Cara Mengolah Krokot

Untuk mengkonsumsi atau mengolah tanaman ini, kamu bisa mencuci untuk menghilangkan sisa kotoran dan akar yang menempel, setelah itu keringkan. Kamu bisa mengkonsumsinya kembali dengan cara merebus. Selain pengonsumsian dengan cara pengeringan dan merebusnya, kamu dapat mengkonsumsi sebagai sayuran pendamping.

Berbagai jenis menu yang bisa dimasak dengan krokot seperti cumi pedas manis, plencing, urap, tumis, sayur bening, sayur bobor, sup ikan, sambal dan lainnya. Kamu tinggal mengkreasikan menu tersebut dengan sayuran ini.

Krokot memang bisa diolah menjadi kakanan lezat serta bergizi, namun pastikan kamu mengolahnya dengan baik agar rasa masakan tetap lezat serta manfaat bisa diperoleh dengan maksimal.

Leave a Comment