Bisnis Minuman Kekinian yang Menjanjikan

Melihat peluang bisnis memang perlu riset yang cukup panjang. Mulai dari ide bisnis apa yang akan dikerjakan, adakah pembelinya, bagaimana mendapatkan bahannya yang murah dan berkualitas, hingga cara promosi yang ditempuh.

Bisnis minuman memang dari tahun 2015 menunjukkan potensi yang menjanjikan. Ditambah lagi dengan kehadiran media sosial seperti Instagram yang bisa melipatgandakan pembeli dalam sekejap jika mendadak viral. Siapa sih yang tidak mau punya usaha minuman yang mendadak jadi viral di mana-mana.

Sebelumnya kita mengenal beberapa nama seperti Kopi Kenangan, Kopi Soe, Kopi Janji Jiwa, Chatime, Xing Fu Tang, Tiger Sugar, dan sejenisnya ramai diperbincangkan. Karena nama-nama inilah, sekarang mungkin kamu menemui banyak orang jualan minuman di pinggir jalan. Beberapa memang menuai hasil, pelanggannya banyak. Beberapa lagi tidak begitu banyak peminatnya. Ada banyak faktor yang membuat berhasil atau gagalnya, bisa jadi karena memang cita rasanya, harganya, atau kurang dipromosikan.

Untuk kamu yang ingin tahu apa saja sih bisnis minuman kekinian yang bisa dicoba, berikut ini adalah jenis minumannya.

Kopi

Hampir anak muda zaman sekarang suka dengan kopi. Tentunya dengan kopi kekinian yah. Kamu bisa melihat fenomena cukup banyak anak muda yang ngopi di Starbucks. Ya walaupun kadang mereka di sana ngopi sambil bisa dibuat konten di Instagram kalau mereka sedang ngopi di sana. Atau mungkin cuma numpang dapat koneksi Wi-Fi yang cukup stabil untuk kerja. Tapi setidaknya ini menunjukkan bahwa minuman kopi banyak yang suka.

Tak hanya itu, dengan kemunculan beberapa kopi kekinian lokal seperti Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa, Kopi Soe, dan lainnnya menunjukkan bahwa pasar untuk bisnis minuman kopi ini cukup basah. Apalagi terkadang minuman kopi kekinian ini digunakan untuk menaikkan gengsi.

Boba

Minuman bubble atau yang biasa disebut dengan boba, sebenarnya dari tahun 90-an sudah ada loh. Cuma dulu namanya pearl. Waktu saya masih kecil juga sering menjumpai minuman jenis ini dan merasa biasa saja.

Justru boba ini booming ketika di Taiwan sana minuman ini jadi viral dan Indonesia jadi ikut-ikutan. Beberapa sih memang terasa premium seperti Xing Fu Tang, Chatime, dan Tiger Sugar jika dibandingkan dengan minuman boba zaman saya kecil dulu.

Potensi bisnis minuman boba ini cukup menggairahkan. Bahkan di dekat rumah saya ada yang jualan minuman boba dan selalu terlihat ramai. Meskipun tentu saja cukup banyak lapak lainnya yang tidak ramai. Saya sempat mencobanya dan memang wajar jika dia ramai pembeli. Rasanya mantap dan harganya cukup murah. Berbeda dengan minuman boba lainnya yang rasanya biasa saja dan tidak ada campuran dan toping yang aneh-aneh.

Jus Buah

Potensi bisnis minuman jus buah ini cukup bagus. Ada satu lapak di dekat rumah juga, jualan jus buah dan selalu ramai. Setelah saya bandingkan dengan penjual jus buah lainnya, jus buah di lapak ini memang beda. Dia sangat memperhatikan kualitas buah yang dijus, buahnya masih segar-segar. Tentu saja rasa jus yang dihasilkan adalah rasa yang terbaik.

Thai Tea

Selain ketiga jenis minuman di atas, kamu bisa mencoba membuka bisnis Thai Tea. Namun, sepengamatan saya, Thai Tea kurang seberapa diminati dibandingkan 3 jenis sebelumnya. Mungkin karena selera orang Indonesia sendiri yah. Namun, tetap saja ada orang-orang yang suka dengan Thai Tea ini. Apalagi bisnis ini cukup mudah dibuat karena sudah ada franchise-nya.

Itulah beberapa jenis minuman yang bisa dijadikan untuk ide bisnis. Sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke bisnis minuman ini, kamu bisa meriset dulu kira-kira orang-orang di sekitarnya punya preferensi minuman yang seperti apa.

Leave a Comment