Cara Meningkatkan Penjualanmu dengan Iklan Google

Diakui atau tidak, lebih dari 50% orang Indonesia saat ini mengakses informasi melalui internet. Jika dulu pemasaran menggunakan televisi, pasang baliho, atau sebar brosur; sekarang pasang iklan lewat internet lebih manjur dan tertarget.

Bayangkan saja, berapa juta orang tiap detiknya yang mengakses Google dan mengetikkan kata kunci. Apapun mereka cari lewat Google. Mulai dari tugas sekolah, info terbaru, atau kebutuhan sehari-hari mereka. Misal mereka sedang butuh jasa sewa proyektor untuk acara mereka, mereka akan mengetikkan kata kunci “jasa sewa proyektor” di Google dan boom! Google akan memberikan hasil pencarian berdasarkan otoritas website yang menawarkan jasa sewa proyektor.

Membuat website dengan otoritas yang tinggi butuh kemampuan SEO. Tak jarang orang kualahan untuk mengurusi SEO ini. Ribet dan harus menunggu paling cepat 3 bulan. Rata-rata orang yang punya bisnis, mereka menggunakan cara instan. Karena banyak orang pakai pencarian Google, maka yang paling efektif untuk memunculkan website jualanmu di Google tentu saja dengan memasang iklan di Google. Dijamin muncul di halaman pertama dan paling atas.

Apakah Tertarget dan Cocok untuk Semua Bisnis?

Tentu saja. Google sudah memikirkan hal itu. Google hanya akan menayangkan iklan yang sesuai dengan kata kunci yang kamu pasang dalam iklan. Misal nih, kamu memasang iklan di Google dengan kata kunci “jasa sewa proyektor”, tentu jika orang lain mencari dengan kata kunci “jasa sewa laptop”, iklanmu tidak akan keluar; karena beda produk. Namun, jika seseorang mencari di Google dengan kata kunci “jawa sewa proyektor terdekat”, Google akan memunculkan iklanmu. Apalagi jika ternyata kota domisili si pencari sama dengan target lokasi pengiklanan.

Selain itu, iklan di Google hampir bisa dilakukan untuk semua bisnis. Mulai bisnis proyektor, makanan, jualan pakan ikan, jualan akuarium, jualan mebel, dan sebagainya, bisa dilakukan. Jika kamu ragu dengan apa yang saya sampaikan, coba saja kamu mencari dengan kata kunci bisnis tertentu, pasti akan menampilkan slot iklan terkait dengan kata kuncinya.

Apakah Efektif dan Menguntungkan?

Ya, sangat efektif. Bahkan sangat efektif untuk usaha yang baru saja kamu buka. Biasanya setelah kamu pasang iklan di Google, dalam hitungan 4 hari pasti ada yang bakal masuk ke website jualanmu dan tanya-tanya via kontak yang kamu cantumkan di website jualanmu.

Dari segi keuntungan, sangat untung. Google hanya menghitung per klik iklanmu. Jika tidak ada klik, maka saldo tidak akan berkurang. Kamu juga bisa mengatur harga per klik iklanmu mau diberi berapa ribu rupiah. Tentu saja lelang harga klik ini juga dilakukan di Google. Siapa yang memberikan harga paling tinggi, dia berada di iklan paling atas.

Bayangkan saja, jika per kliknya 3 ribu rupiah saja, lalu dari 10 klik terjadi penjualan dengan keuntungan bersih 100 ribu, maka kamu masih untung banyak. Belum lagi jika kamu bisa mengambil margin keuntungan yang tinggi dari produkmu, tentu sangat untung.

Bagaimana Cara Pasang Iklan di Google?

Kamu bisa langsung pasang iklan sendiri di Google, jika kamu mau agak repot sedikit. Mengapa saya katakan agak repot? Karena kamu harus melakukan riset kata kunci yang bakal dicari oleh pelangganmu. Yang kedua, kamu juga harus melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Saya tahu tidak semua dari kalian punya kartu kredit.

Ada cara mudahnya? Tentu saja ada. Kamu bisa menghubungi Banyumedia, sebuah agensi yang membuka jasa iklan Google dan sudah mengantongi Google Third Party Compliant. Agensi tersebut akan memudahkan pekerjaanmu. Kamu cukup bayar, iklan pasti muncul dengan kata kunci yang pas untuk bisnismu.

Jika kamu ragu penjualanmu akan naik, kamu bisa melihat testimoni pelanggan Banyumedia sebelumnya yang sudah menggunakan jasa iklan Google untuk bisnis mereka. Bahkan ada pelanggan yang bisa umroh dari untung penjualan yang meningkat tajam.

Leave a Comment