Pilihan Olahan Jagung yang Sehat dan Enak

Jagung menjadi salah satu sayur yang sering dimasak menjadi berbagai macam menu masakan. Maklum saja, bukan hanya memiliki rasa yang lezat, ada berbagai macam manfaat kesehatan yang dimiliki oleh sayuran ini.

Contohnya saja seperti kandungan serat. Kandungan serat di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tidak hanya sampai di sana, makanan ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang berada di dalam masa pertumbuhan karena memiliki kandungan protein tinggi, sehingga baik untuk pembentukan tulang serta otot.

Sayangnya, jika setiap hari harus mengkonsumsi sayuran ini, tentu saja anak-anak akan menjadi bosan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah melakukan kreasi sajian olahan.

Berbagai Kreasi Menu Olahan Jagung

Agar tidak bingung mengkreasikan olahan sayuran ini setiap harinya, berikut berbagai macam rekomendasi kreasi yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Kue talam

Kreasi pertama yang bisa Anda coba adalah kue talam. Kue talam menjadi salah satu olahan yang begitu populer dari dulu bahkan menjadi jajanan pasar yang sangat favorit.

Memiliki rasa yang manis serta tekstur kenyal, kue ini sangat pas dijadikan sebagai camilan saat siang hari.

2. Es krim

Ketika mendengar camilan seperti es krim, pasti anak-anak akan langsung senang bukan. Jika bingung mengolah sayuran ini, Anda dapat mengolahnya menjadi es krim. Meskipun terbuat dari jagung, es krim ini memiliki rasa yang enak dan manis.

Es krim ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan penutup maupun camilan di siang hari. Namun, karena sayuran ini sudah memiliki rasa manis, hindari menambahkan gula yang berlebihan.

3. Bolu kukus

Bolu kukus menjadi salah satu alternatif camilan dengan rasa lezat untuk anak-anak. Bolu kukus mempunyai tekstur lembut ditambah dengan rasa sayuran yang cukup manis, sehingga membuat anak-anak menjadi ketagihan.

4. Pudding

Pada dasarnya, sayuran ini mempunyai tekstur yang cukup renyah, namun siapa yang menyangka jika sayuran ini juga bisa dibuat menjadi camilan yang lezat dan lembut. Anda bisa membuatnya menjadi pudding.

Cara membuat pudding yang mudah juga membuat Anda tidak membuat Anda membutuhkan waktu lama saat ingin mencobanya. Anda hanya perlu memasukkan sayuran kuning ini ke dalam blender dan haluskan. Tambahkan agar-agar, santan, serta gula. Kemudian masak sampai mendidih dan masukkan dalam wadah.

5. Corndog

Corndog merupakan salah satu jajanan western dengan rasa gurih serta asin. Untuk membuatnya juga begitu mudah. Anda hanya membutuhkan jagung, tepung, sosis. Agar lebih enak, Anda dapat menambahkan saus tomat serta mustard di atas.

6. Bubur

Bubur menjadi makanan yang praktis untuk anak-anak. Bubur ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Selain itu jika dilihat dari tekstur, teksturnya cenderung padat dan kental sehingga memiliki rasa yang lebih mengenyangkan.

7. Pasta

Bila kehabisan ide ketika ingin membuat menu makan siang buah hati, pasta menjadi salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Pasta memiliki rasa yang gurih serta sangat disukai oleh anak-anak.

Cara membuat pasta ini sebenarnya sama dengan pasta yang lainnya, bedanya Anda hanya perlu menambahkan jagung di dalamnya.

Berbagai macam menu olahan di atas sangat mudah dibuat namun memiliki rasa yang lezat. Anda bisa mengolah makanan di atas satu demi satu setiap harinya, sehingga kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi dengan baik.

Leave a Comment