Seputar Bisnis
Agu28

Apa Ciri Khas Bisnis Anda Yang Jadi Pembahasan Banyak Orang?

0 komentar

Brian Tracy (2009 : 3) memberikan tes untuk menjawab ciri khas pada bisnis khususnya ciri khas pada bisnis Anda. Ciri khas yang dimaksud adalah mengenai keunggulan dan lain-lainnya yang sifatnya “citra positif”.

“Bayangkan bila salah satu pelanggan anda suatu hari menghubungi anda untuk meminta saran. Ia berkata, ‘Seorang teman menghubungi dan mengundang saya untuk makan siang besok. Katanya, ia bermaksud membeli sesuatu dari anda, dan ia ingin menanyakan pendapat saya berdasarkan pengalaman saya dengan anda. Menurut anda, apa yang sebaiknya saya katakan?’”

Jika memang anda ingin menjelaskan mengenai ciri khas bisnis kepada pelanggan anda agar ia bisa menjelaskan pada calon pelanggan mengenai ciri khas yang sudah dijelaskan, kata-kata apa yang tepat untuk disampampaikan?

Sebagian orang sulit membeberkan ciri khas tentang dirinya atau tentang bisnisnya kepada orang lain. Padahal hal ini penting demi nama baik anda dan bisnis.

Pada ujungnya akan menjelaskan sekena-nya mengenai dirinya atau tentang bisnis dengan mengatakan, “Ini adalah perusahaan yang baik. Produknya berkualitas tinggi. Pelayanannya sangat baik pada para pelanggan.” Apakah ini yang akan menjadi ciri khas bisnis anda? Bila memang ia, apa jaminannya bahwa pelanggan akan mengatakan hal yang demikian di setiap ada calon pelanggan ingin mengetahui tentang bisnis anda?

Salah satu contoh bisnis milik GM Susanto yaitu “produk pembelajaran bisnis” memiliki ciri khas sebagai berikut:

– Alasan Kuat #1:
Ilmu yang diajarkan street smart, sederhana namun powerfull”

– Alasan Kuat #2:
“Materi yang diajarkan hasil praktek seorang praktisi internet marketer professional: GM Susanto”

– Alasan Kuat #3:
“Full Support dan Jaminan Garansi 100% Uang Kembali”

Sehingga pelanggan seperti saya bisa mengatakan hal di atas sebagai ciri khas produk pembelajaran bisnis GM Susanto. Karena ketiga alasan ini sudah saya rasakan betul dan tidak hanya sebuah “Pencitraan” saja.

Bila ada yang bertanya, “Bagaimana sih produk panduan bisnis GM Susanto?” Tentu saya akan menjawab salah satunya adalah bahwa ilmu yang diajarkan street smart, sederhana namun power full karena memang ini yang sudah saya rasakan.

Baru kemudian menjelaskan hal-hal detail yang akan didapatkan pembeli bila memang membeli produk GM Susanto.

Jadi, apa ciri khas anda dan bisnis anda bila memang ada yang bertanya mengenai hal tersebut?

Apakah anda akan menjawab sekenanya? Bila menjawab sekenanya dan ternyata bukan hal yang sebenarnya maka harga diri anda dan bisnis akan jatuh.

Ataukah anda akan menjawab “Kurang tahu ya ciri khas bisnis dan produk saya karena ini biar menjadi penilaian para konsumen”. Bila memang anda menjawab seperti ini maka akan dicap sebagai bisnis yang “asal-asalan dan tidak memperhatikan konsumen”.

Jadi, apa ciri khas anda dan bisnis anda?

Referensi: Brian Tracy, The Way to Wealth in Action, Terj, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2009

Posting terkait "Apa Ciri Khas Bisnis Anda Yang Jadi Pembahasan Banyak Orang?"

Tinggalkan pesan "Apa Ciri Khas Bisnis Anda Yang Jadi Pembahasan Banyak Orang?"