Rahasia Uang
Sep21

Apakah Uang Membuat Kaya?

0 komentar

Judul di atas meruakan isi dari pendahuluan buku “Increase Your Finansial IQ” karya Robert T Kiyosaki. Mungkin pertanyaan di atas bisa membuat anda terkejut bila nanti sudah membaca jawaban dari Robert T Kiyosaki. Apalagi bagi orang yang sangat meyakini “uang adalah segalanya”.

Sekali lagi, apakah uang membuat orang menjadi kaya?

Sebagian orang akan menjawab dengan kata “Iya” bahwa uang bisa menjad kaya. Itu sebagian. Sebagian orang lain lagi mengatakan pasti “Tidak”. Selebihnya berkata, “Mungkin”.

Bagaimana dengan jawaban dari anda? Memilih jawaban apa mengenai pertanyaan di atas.

Sekarang, kita akan meminta jawaban dari Robert T Kiyosaki. Apa yang akan dijawab oleh seorang yang super kaya, Robert T Kiyosaki, mengenai uang dan kaya? Tentu saya akan menjawab yang mungkin mengejutkan anda.

Ternyata jawabanya tidak seperti dua di atas.

Lalu apa?

Ia dengan tegas mengatakan bahwa uang “TIDAK” membuat kaya. Waw!

Bila uang tidak membuat kaya, lalu apa yang membuat kaya?

Anda merasa heran? Saya pun heran karena ciri-ciri orang kaya karena memang banyak uang. Ya jelas, bila orang disebut kaya karena memang banyak uang. Tetapi jawaban Kiyosaki bukan mengartikan ciri-ciri orang kaya. Maksudnya begini…

Menurut Robert T Kiyosaki dalam buku Increase Your Finansial IQ (2008 : xii), bahwa uang tidak cukup untuk membuat seorang itu kaya. Anda pasti kenal dengan semua orang yang berangkat kerja setiap hari, bekerja melelahkan untuk menghasilkan uang, bekerja untuk menghasilkan makin banyak uang, tetapi tidak juga menjadi makin kaya.

Ironisnya, menurut Robert (2008), banyak orang yang kerja menghasilkan banyak uang justru makin terjerat utang dengan setiap sen (kalau indonesia rupiah) yang dihasilkannya.

Apakah anda tahu mengenai orang yang kaya mendadak dengan mewarisi semua uang dari orang tuanya, lantas tidak beberapa lama, ia malah jatuh bangrut alias kehilangan banyak uang? Anda mungkin sudah tahu.

Apakah anda tahu tentang polisi yang kaya mendadak dengan menghasilkan satu miliar lebih dalam seminggu hanya kerena keisengan joged india di You Tube dan setelah itu ia menghabiskan uangnya untuk membeli ini dan itu? Anda mungkin sudah tahu.

Apakah anda tahu pada kisah seseoang artis (yang suka menyanti dengan goyangannya) yang menginvestasikan uang milyaran dengan harapan menjadi jutawan tanpa perlu pusing-pusing kerja tetapi yang terjadi justru terkena tipu yang membuat uangnya habis sia-sia?

Itulah sekelumit masalah uang yang bukan menjadi kaya tetapi menjadikan miskin.

Jadi uang saja tidak cukup membuat kaya bahkan bisa membuat terlilit utang karena uang.

Perlu informasi yang mendukung agar uang itu menjadi kekayaan atau aset bukan menjadikan kemiskinan atau libialitas.

Bila anda memilih informasi yang salah mengenai uang maka uang akan membuat anda miskin bahkan lebih miskin dari sebelumnya. Ujung-ujungnya bisa saja mati karena uang.

Informasi yang mendukung uang untuk tumbuh menjadi kekayaan akan membuat seseraong itu kaya bahkan tambah kaya. Ujung-ujungnya bisa saja tetapi hidup walau raga sudah mati.

Robert menambahkan bahwa informasi (dalam hal ini pengetahuan), kebijaksanaan, dan kecerdasan keuanganlah yang akan membuat anda makmur.

Referensi: Robert T Kiyosaki, Increase Your Finansial IQ, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Posting terkait "Apakah Uang Membuat Kaya?"

Tinggalkan pesan "Apakah Uang Membuat Kaya?"