Seputar Bisnis
Sep18

Belajar Bisnis di Bisnis MLM

0 komentar

Untuk memudahkan pemahaman anda mengenai rancangan pendidikan pada bisnis MLM agar anda bisa belajar bisnis dari bisnis ini, maka alangkah baiknya perhatikan baik-baik perkataan Kiyosaki (2008 : 13).

Robert berkata, “Bertahun-tahun setelah lulus sekolah penerbangan, banyak rekan-rekan pilot saya mulai menjadi sukses dalam dunia bisnis. Saat kami berkumpul dan menceritakan kembali kisah perang lama, kami sering mengatakan bahwa pelatihan yang kami terima di sekolah penerbangan memberikan impak yang luar biasa pada kesuksesan usaha kami saat ini.”

Robert T Kiyosaki memberikan istilah “mengubah ulat menjadi kupu-kupu” atau “program pendidikan yang mengubah hidup.”

Robert T Kiyosaki melenjutkan lagi, “Jadi ketika saya berbiacra tentang pendidikan bisnis yang mengubah hidup, saya berbicara tentang pendidikan yang cukup kuat untuk mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Saat anda menyelidiki rancangan pendidikan sebuah bisnis pemasaran jaringan, saya menyarankan rancangan pendidikan yang mempunyai kekuatan untuk membuat perbedaan besar dalam hidup anda.”

Jadi sepatutnya bisnis MLM memiliki pendidikan yang bagus yang bisa merubah ulat menjadi kepompong sehingga orang yang ikut gabung tentu tidak merasa “dimanfaatin” sebagai orang bisa menguntungkan orang yang mengajak.

Seperti yang dikatakan Robert, bisnis MLM alias bisnis pemasaran jaringan seharusnya memiliki program pendidikan sebagai berikut (2008 : 14):

  • Sikap terhadap kesuksesan
  • Kepemimpinan
  • Komunikasi
  • Keahlian manusia
  • Keahlian mental
  • Manajemen uang
  • Keahlian berinvestasi
  • Pendidikan tangungjawab
  • Manajemen waktu
  • Rancangan impian/cita-cita
  • Sistematisasi

Pendidikan seperti ini akan menjadi modal untuk membangun bisnis dalam bentuk apa saja. Dan seharusnya bisnis MLM mengajarkan seperti ini.

Jadi tidak hanya belajar berbicara bisnis di depan publik atau belajar merayu untuk bisnis agar prospek mau bergabung. Tetapi lebih dari itu dan lebih dari itu adalah belajar bisnis seperti istilah “mengubah hidup ulat menjadi kepompong”.

Bila ada orang miskin setelah memasuki bisnis pemasaran jaringan alias bisnis MLM dan belajar bisnis darinya lalu hidupnya berubah besar, maka itulah bisnis MLM yang patut dipelajari.

Belajar bisnis memang melelahkan jadi jangan buang waktu anda hanya untuk berusaha memperbanyak jaringan.

Belajarlah bisnis dari bisnis MLM walau tidak memiliki rancangan bisnis yang bagus untuk sebagai bahan belajar bisnis dengan alasan memang tidak ada lagi yang memiliki rancangan pendidikan yang bagus.

Seperti halnya saya, memasuki bisnis MLM karena salah satunya ingin belajar bisnis walau pada kenyataannya bisnis MLM yang saya ikuti jelek sekali program pendidikanya.

Hasil yang saya peroleh dari mengikuti bisnis MLM adalah uang saya menghasilkan buku-buku bisnis sehingga saya bisa belajar banyak dari buku bisnis. Jadi bukan saya menghasilkan uang banyak dari bisnis MLM.

Hasil yang sungguh bermanfaat adalah buku-buku bisnis yang saya beli dan saya banyak belajar bisnis lewat buku, bisa memotivasi saya dalam bisnis dan sudah menjadi darah daging agar tetap belajar bisnis untuk meningkatkan kemampuan bisnis.

Seperti dalam blog ini, adalah hasil belajar bisnis yang diawali walau lewat bisnis MLM murahan.

Pada akhirnya, saya pun bisa berbagi pengetahuan dengan anda agar anda bisa belajar bisnis.

Referensi: Robert T Kiyosaki, Business School, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Posting terkait "Belajar Bisnis di Bisnis MLM"

Tinggalkan pesan "Belajar Bisnis di Bisnis MLM"