Rahasia Uang
Sep24

Fenomena Artis dan Robert T Kiyosaki Dalam Segi Uang

0 komentar

Seberapa Bagus Kecerdasan Finansial/Kecerdasan Keuangan Anda Maka Bisa Dilihat dari Fenomena artis tertentu dan Robert T Kiyosaki Dalam Segi Pemanfaatan Uang.

Kisah artis tertentu yang tertipu perusahaan inevstasi dan melenyapkan uangnya sampai miliaran dengan sia-sia tanpa hasil, saya jadi ingat perkataan Robert dalam buku IQ finansial/kecerdasan ke-uang-an yaitu “Increase Your Finansial IQ”.

Robert menjelaskan mengenai perbandingan antara “Pelajaran Golf dan Klub Golf” yang sebagai kiasan tentang perbandingan para investor amatir dan para investor profesional dalam memanfaatkan informasi ke-uang-an/finansial.

Untuk lebih jelas, saya akan memberikan kutipan langsung dari Robert. Lebih jelasnya seperti ini (2008 : xiv):

“Seorang teman saya sangat fanatik golf. Dia menghabiskan ribuan dollar per tahun untuk iuran klub baru dan tiap peralatan golf terkini yang muncul di pasaran. Masalahnya, dia tidak pernah mengeluarkan sepeser pun untuk pelajaran golf. Oleh karenanya, permainan golfnya tetap sama walaupun dia punya peralatan golf teranyar dan terhebat.”

Lalu Robert T Kiyosaki menghubungkan dengan kejadian ke-uang-an/finansial yang terjadi. Ini akan menerangkan mengenai perbandingan artis tertentu dengan Robert T Kiyosaki tentang IQ finansial/keuangan.

Robert berkata seperti ini (2008 : xiv),

“Fenomena aneh lain terjadi pda permainan uang. Miliaran orang menginvestasikan uang yang mereka dapatkan dengan susah payah ke dalam aset seperti saham dan properti, tetapi hampir tidak sedikitpun ke dalam informasi. Oleh karenanya nilai kekayaan mereka tetap sama.”

Bisa jadi, bila tidak memanfaatkn informasi mengenai pendidikan ke-uang-an maka berinvestasi akan seperti kasus yang dialami artis tertentu yang kehilangan uang miliaran dengan sia-sia karena penipuan investasi.

Bandingkan dengan Robert T Kiyosaki. Dari kecil ia sudah belajar mengenai pendidikan keuangan oleh ayah kayanya. Uang habis hanya untuk belajar mengelola keuangan agar menjadi kekayaan.

Alhasil, Robert telah menjadi orang yang super kaya. Bahkan bukan saja kaya tetapi ia pun bisa membuat jutaan manusia di dunia pintar mengelola keuangan mereka.

Bila anda seperti artis tertentu, apa yang akan terjadi pada hidup anda? Pasti anda akan menyesal? Penyesalan memang selalu datang belakangan.

Artis tertentu tidak belajar dari pengalaman karena ia kembali bermain dalam kesia-siaan investasi. Seolah-olah keuangan/finansial dirinya akan meningkat tanpa pengetahuan keuangan.

Orang yang mengeluarkan uang miliaran tanpa pengetahuan keuangan alias informasi keuangan maka nilai kekayaannya tetap sama, kata Robert dari kutipan di atas.

Artis tertentu mengeluarkan uang miliaran untuk investasi tanpa belajar dulu mengenai keuangan/finansial. Ia mengeluarkan uang untuk investasi demi dapat keuntungan melimpah tetapi akhirnya justru tidak dapat apa-apa: ilmu tidak dapat, uang amblas.

Robert memilih untuk memelajari keuangan/finansial. Walau menginvestasikan uang untuk pendidikannya banyak tetapi hasil akhirnya super kaya raya. Investasi untuk pendidikan keuangan terbayar karena berhasil membuat uang berhamburan menuju dirinya.

Dari penjelasan di atas, mana yang memiliki IQ Finansial/Keuangan bagus? Artis tertentu atau Robert T Kiyosaki?

Referensi: Robert T Kiyosaki, Increase Your Finansial IQ, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Posting terkait "Fenomena Artis dan Robert T Kiyosaki Dalam Segi Uang"

Tinggalkan pesan "Fenomena Artis dan Robert T Kiyosaki Dalam Segi Uang"