Seputar Bisnis
Sep28

Ketahui Bisnis Pemasaran Jaringan Sebelum Mengikuti

0 komentar

Saya pernah mengikuti sebuah pemasaran jaringan non MLM (klaimnya). Tetapi yang saya ikuti cuma mengajarkan mengajak orang untuk ikut gabung. Sistemnya sangat sederhana sampai-sampai sistemnya membosankan.

Sistem apa?

Cuma mengajak beberapa orang alias dua orang cukup untuk gabung dengan menerapkan langkah sukses dan dua orang yang sudah berganbung mengajak lagi dua. Dengan sistem ini saja sudah bisa sukses kalau jaringan berjalan lanjar. Tidak ada sama sekali pendidikan bisnis atau kegiatan penjualan produk.

Apalagi bisnis MLM secara online maka lebih parah lagi dalam hal merekrut anggota. Di dalam kegiatan mencari anggota alias member tidak perlu punya keterampilan presentasi, tidak butuh mental berani dan semua dilakukan secara otomatis. Mudah dan enak memang. Tetapi apakah kegiatan bisnis MLM cuma merekrut anggota dan membiarkan mereka jalan sendiri?

Saya sarankan untuk tidak mengikuti pemasaran jaringan model seperti ini. Yang saya tahu sistem pemasaran jaringan hanya mematikan semangat untuk membangun bisnis besar secara rill.

Setelah pikiran terbuka pada saat mempelajari affiliate marketing, saya memandang pada member pemasaran jaringan alias MLM cuma menjadi tenaga penjual sistem. Dan penjualan sistem pun bukan inti produknya karena tidak ada sistem yang penting dipelajari. Member pemasaran jaringan sama halnya dengan affiliate marketer namun lebih rill kegiatan bisnisnya kalau sebagai affiliate marketer.

Namun setelah melihat ada MLM online yang lebih menonjol dalam penjualan produk seperti MLM milik Pak Boyke, maka status bisa disamakan dengan affiliate marketing.

Sebenarnya saya kurang setuju kalau pemasaran jaringan sebagai cara untuk mencapai sisi B (bisnis besar) menurut Robert. Tergantung perusahaan MLM-nya yang bisa menganggap MLM sebagai jalan belajar menuju bisnis besar.

Robert merumuskan agar memperhatikan 5 sebelum 6 dalam memilih pemasaran jaringan alias MLM. Seperti ini:

1. Merupakan bisnis pemasaran jaringan yang telah terbukti baik, mempunyai catatan prestasi serta sistem distribusi yang bagus yang sudah sukses selama bertahun-tahun.

Untuk hal pertama ini, menurut saya jarang ada bila organisasi pemasaran jaringan baru berdiri. Namun yang perlu dilihat adalah sistem jangka panjangnya. Bila sistem hanya sekedar merekrut orang untuk gabung dan mengajarkan sistem sederhana, dapat dipastikan akan mengalami kejenuhan. Hal ini tentu merugikan Anda apalagi bagi Anda yang baru gabung di pemasaran jaringan.

2. Mempunyai peluang bisnis yang berhasil Anda jalankan, yang bisa Anda percayai, dan bisa Anda bagi dengan penuh keyakinan kepada orang lain.

Kebanyakan bisnis pemasaran jaringan alias MLM memang selalu mengatakan “Inilah peluang bisnis mudah dijalankan” dan berbagai perkataan lainnya.

Pastikan bahwa Anda harus jeli tentang bagaimana peluang bisnis MLM dan untuk apa?

3. Mempunya program pendidikan jangkan panjang yang bertujuan mengembangkan Anda sebagai manusia. Rasa percaya diri mutlak diperlukan dalam membangun bisnis menengah-keatas.

Anda harus bertanya, apakah bisnis pemasaran jaringan ini memiliki program pendidikan jangka panjang? Apakah sanggup mendidik Anda untuk menjadikan Anda bermental bisnis? Bagaimana sistem pendidikannya? Bagaimana biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan diri Anda?

Anda harus menjawab sendiri atau mencari jawaban kepada yang mengajak Anda.

4. Mempuntai program bimbingan yang kuat. Anda ingin belajar dari seorang pemimpin dan bukan dari seorang penasehat. Anda belajar dari orang-orang yang sudah berhasil menjadi pemimpin di sisi kanan kuadran alias di bisnis besar dan Anda ingin berhasil seperti mereka.

Sudahkan orang-orang yang terlibat dalam bisnis pemasaran jaringan memiliki hal tersebut?

5. Mempunyai orang-orang yang Anda hormati dan sukai.

Hati-hati dalam tipu muslihat member bisnis perusahaan pemasaran jaringan. Banyak member pemasaran jaringan hanya menjadi penipu agar Anda mau mengikuti dirinya.

Bila perusahaan pemasaran jaringan memenuhi kriteria di atas, barulah melihat yang ke-6. Apa itu? yaitu PRODUK.

Pastikan produk yang dijual adalah milik perusahaan pemasaran jaringan sendiri. Bila tidak, maka harga akan mahal melebihi harga pasar atau minimal seimbang. Kalau harga yang tidak bisa untuk keuntungan bisnis, maka tidak bisa untuk jual-beli.

Lebih enak memilih produk dari bisnis MLM online karena proses pengiriman bisa dilakukan dari pusat. Tinggal kontak barang dan memberikan alamat si pembeli maka barang akan dikirim ke pembeli.

Affiliate Marketing Program Alternatif Pengganti Bisnis Pemasaran Jaringan

Sebagai pengganti yang lebih mengasyikkan, lebih baik Anda mengikuti program affiliate marketing di banyak situs yang menyediakan, baik lokal dan non lokal. Kalau tingkat lokal, hanya berfokus pada bisnis fisik seperti Lazada.com dan Bhinaka.com. Namun kalau tingkat non lokal maka produk fisik seperti di Amazon.com dan non fisik seperti di Clickbank.com.

Pengalaman saya masih mengikuti Clickbank.com. Saya berhasil mendapatkan ratusan dollar dengan modal yang minim sekali. Namun sekarang saya berhenti dulu bisnis di Clickbank.com. Karena masih fokus membuat produk informasi untuk saya jual.

Posting terkait "Ketahui Bisnis Pemasaran Jaringan Sebelum Mengikuti"

Tinggalkan pesan "Ketahui Bisnis Pemasaran Jaringan Sebelum Mengikuti"