Rahasia Uang
Sep21

Langkah Awal Cara Tepat Sukses Pensiun Muda yang Kaya

0 komentar

Pensiun artinya adalah sudah lepas dari kegiatan kerja pada perusahaan/lembaga yang mengakibatkan tidak bekerja lagi karena bebagai faktor salah satunya karena aturan perusahaan/lembaga memberlakukan masa pensiun.

Kebanyakan orang bila sudah menghadapi masa pensiun maka akan mengalami kekurangan finansial karena memang jatah pensiun tidak sebesar jatah gaji. Bahkan bila perusahaan tidak memberikan jatah pensiun maka tidak akan mendapatkan uang darinya.

Sehingga banyak orang yang menghindari masa pensiun muda karena takut kekurangan uang.

Lalu bagaimana bila memang ada solusi untuk pensiun muda yang tetap menyandang kata “kaya” alias banyak uang?

Kemungkinan besar banyak orang yang ingin cepat pensiun muda dengan gelar pensiun kaya.

Tetapi untuk memperoleh gelar pensiun kaya tidak mudah. Mungkin bisa sekedar hayalan-hayalan menjadi orang yang kaya setelah pensiun. Tetapi bila ingin mewujudkannya sangat sulit.

Bila anda ingin pensiun muda dan pensiun kaya, maka anda bisa memperhatikan perkataan Robert,

“Daud dan Goliat adalah salah satu cerita favorit ayah kaya. Saya rasa dia sendiri mungkin melihat dirinya sebagai Daud, orang yang memulai dari nol, namun naik untuk bersaing menghadapi raksasa-raksasa bisnis. Ayah kaya berkata, ‘Daud dapat mengalahkan Goliat karena Daud tahu cara menggunakan kekuatan daya ungkit. Seorang remaja dan umban sederhana jauh lebih hebat daripada raksasa yang ditakuti, Goliat. Itulah kekuatan daya ungkit’.”

Apa itu daya ungkit?

Bila anda mengangkat/mendorong batu besar agar bisa berpindah, bisa saja anda tidak kuat karena tenaga anda tidak sampai untuk bisa memindahkan batu besar.

Tetapi bila anda memindahkan batu besar dengan bantuan alat pengungkit, maka akan bisa memindahkan walau tetap membutuhkan tenaga yang besar.

Itulah daya ungkit.

Nah, daya ungkit sendiri bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis besar secara khusus bisa untuk pensiun muda dan pensiun kaya.

Daya ungkit merupakan hal yang terpenting kedua setelah arus kas. Robert (2008 : xi) berkata,

“Buku-buku saya sebelum ini membicarakan kekuatan arus kas. Ayah kaya berkata, ‘Arus kas adalah kata terpenting dalam dunia uang. Kata terpenting kedua adalah daya ungkit’. Dia juga berkata, ‘Daya ungkitlah yang membuat sebagian orang menjadi kaya dan yang lain tidak menjadi kaya’. Ayah kaya melanjutkan untuk menjelaskan bahwa daya ungkit merupakan kekuatan dan kekuatan itu dapat bekerja membantu anda atau melawan anda. Karena daya ungkit merupakan kekuatan, sebagian menggunakannya, sebagian menyalahgunakannya, dan yang lain takut menghadapinya.”

Tugas kita adalah menggunakan daya ungkit sebaik mungkin agar bisa membantu kita untuk mendapatkan yang namanya ‘kekayaan’. Sehingga kita bisa pensiun muda dan pensiun kaya.

Ibarat kata seperti pisau. Pisau adalah alat pemotong yang tajam yang bisa membantu untuk meringankan pekerjaan memotong sesuatu. Bila pisau tidak digunakan dengan cara baik maka justru bisa membuat tangan kita terluka.

Begitu juga daya ungkit, maka harus benar-benar tepat menggunakannya.

Menurut Robert (2008 : xii) banyak orang yang ingin kaya, tetapi gagal menjadi kaya karena mereka menyalahgunakan kekuatan daya ungkit. Dan sebagian besar orang lainnya tidak menjadi kaya karena memang takut terhadap kekuatan daya ungkit.

Lalu seperti apa bentuk daya ungkit untuk membantu anda kaya raya yang mampu membuat anda pensiun muda dan pensiun kaya? Salah satunya daya ungkit manusia adalah pikirannya.

Referensi: Robert T Kiyosaki, Retire Young Retire Rich, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Posting terkait "Langkah Awal Cara Tepat Sukses Pensiun Muda yang Kaya"

Tinggalkan pesan "Langkah Awal Cara Tepat Sukses Pensiun Muda yang Kaya"