HOME
Home » Seputar Bisnis » Manajemen Hukum Bisnis untuk Perlindungan Bisnis Besar

Manajemen Hukum Bisnis untuk Perlindungan Bisnis Besar

Posted at Desember 23rd, 2018 | Categorised in Seputar Bisnis

Robert T Kiyosaki pernah membangun sebuah bisnis besar yang menjual produk-produk nilon dan velco. Setelah berhasil meraup kesuksesan besar, tiba-tiba secara cepat bisnis Robert bangkrut tak bisa teratasi lagi.

Memiliki payung hukum untuk bisnis menengah-keatas sangat penting. Karena dunia ini bukan dunia yang serba aman. Dunia ini ada dunia yang tidak membuat hidup kita aman termasuk dalam bisnis. Sehingga perlu perlindungan hukum untuk bisnis.

Kenapa bangkrut? Karena menurut Robert, bahwa dirinya telah meremehkan dalam mematenkan beberapa produk. Ya, sekali lagi bahwa ia tidak mematenkan produk bisnis miliknya dengan alasan bahwa untuk menyewa jasa pengacara cukup menguras kantong, $10.000 katanya.

Program Adsense, Aset Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Hasil dari verifikasi PIN, Google mengirimkan kode 340 untuk verifikasi Bank lokal. Artinya, Jasa Google Adsense yang saya tawarkan dianggap terpercaya

Alhasil, bisnis bangkrut karena lemah dalam penjagaan dalam segi hukum bisnis dan itu berawal dari menyepelakan.

Dalam waktu cepat, banyak perusahaan yang meniru produk Robert. Apa yang terjadi? Tentu sangat membingungkan Robert: entah dalam segi persaingan atau dalam segi ciri khas produk.

Sebelum ide bisnis besar itu muncul dipermukaan publik, alangkah baiknya dan wajib untuk melindungi ide Anda dengan menggunakan perlindungan hukum bisnis.

Tidak masalah bila tidak menggunakan payung hukum untuk bisnis kecil-menengah. Karena modal untuk bisnis saja tidak terlalu besar. Namun bila ide bisnis benar-benar unik dan menarik walau masih kelas menengah maka harus dilindungi. Tetapi bagi bisnis besar maka untuk memiliki perlindungan hukum adalah wajib walau idenya cuma ide biasa.

Tetapi untuk bisnis saya sendiri, yang masih belajar membangun bisnis, tentu tidak perlu memusingkan tentang manajemen hukum. Karena tentu urusannya adalah biaya membayar pelindung hukum bisnis. Usaha melindungi produk milik saya tentu cukup diserahkan kepada konsumen.

Saya rasa bila produk bisnis Anda berkualitas untuk konsumen, pelayanan terbaik untuk konsumen dan tidak menipu konsumen, maka konsumen pun akan sukarela menjaga produk Anda. Ini kasus sebagian besar konsumen. Karena Ada konsumen yang sengaja ingin berbuat curang dengan terlebih dahulu membeli produk bisnis.

Seperti kasus produk Panduan Bisnis Affiliate Di Clickbank.com milik GM Susanto, ada orang yang membajak produk tersebut. Artinya orang tersebut menjual produk GM Susanto tanpa terikat program affiliate. Lalu dengan sukarela ada salah satu orang yang bukan member GM Susanto yang melaporkan tentang pembajakan tersebut.

Sehingga untuk bisnis kecil maka yang diutamakan adalah tentang kualitas produk bisnis dan menjaga kepercayaan. Ini lebih baik daripada harus mengeluarkan uang untuk membayar ahli hukum bisnis.

Dalam buku Robert Kiyosaki, Guide To Investing, bahwa ada beberapa aset paling berharga yang bisa Anda miliki yaitu aset tak berwujud yang disebut paten, merek dagang, dan hak cipta.

Kalau mengenai pembahasan hak cipta, paten, merek dagang atau yang berhubungan dengan perlindungan hukum pada bisnis, Anda bisa mendapatkannya di toko buku. Kebetulan saya pernah membaca buku tentang hal ini, walau agak ribet dan pusing untuk memahaminya. Tentu lebih baik menanyakan kepada yang ahli hukum bisnis.

Di sini saya akan menjelaskan tentang bidang spesifik dimana pensehat hukum yang tepat bisa membantu Anda dalam menghindari (kemungkinan) timbulnya berbagai masalah yaitu : (Guide To Investing)

  • Korporat umum
  • Hukum-hukum konsumen
  • Kontrak-kontrak
  • Proerti intelektual
  • Hukum-hukum tenaga keja
  • Skuritas dan instrumen utang
  • Masalah-masalah pemegang saham

Untuk masalah di atas, banyak buku yang membahasnya. Anda bisa membeli di toko buku kesayangan Anda. Atau silahkan Anda beli lewat internet bila memang ada. Ya lebih baik ke penasehat hukum saja lah kalau memang mau membangun bisnis menengah-keatas.

Robert memberikan komentar tentang perlingungan hukum bisnis, “Banyak bisnis telah dimulai dan bertahan hidup hanya dengan secarik kertas. Satu dokumen legal bisa menjadi benih dari sebuah bisnis yang mendunia”

No comment for Manajemen Hukum Bisnis untuk Perlindungan Bisnis Besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Manajemen Hukum Bisnis untuk Perlindungan Bisnis Besar

Membangun Bisnis Dengan Mengawali Membangun Diri Sendiri

Posted at 22 Februari 2019

Robert T Kiyosaki berkata, “…saya jamin, kehilangan kepercayaan dan keyakinan pada diri sendiri adalah lebih buruk daripada kehilangan jutaan dollar.” Anda percaya? Bila anda... Read More

Cari Mentor Bisnis Untuk Membangun Bisnis Besar Sukses

Posted at 19 Februari 2019

Memang sulit dalam hal mencari mentor untuk belajar bisnis besar secara khusus bisnis online. Karena seorang yang mampu bisnis biasanya tidak akan mengajarkan bisnis... Read More

Peluang Bisnis Berjualan Kue Kering

Posted at 6 Februari 2019

Bisnis kue kering salah satu jenis bisnis kue yang banyak dijadikan bisnis oleh kebanyakan orang karena memang jenis kue ini yang sangat dibutuhkan orang... Read More

4 Tips Sukses Mengelola Bisnis Yang Merugi

Posted at 4 Februari 2019

Apakah ada orang yang sudah berusaha susah-payah membangun bisnis, katakanlah bisnis online, namun berkeinginan untuk membuat rugi perusahaan yang dibangun? Apakah ada? Soorang Bob... Read More

3 Kunci Membangun Bisnis Omset Besar

Posted at 29 Januari 2019

Saya akan mencoba menguraikan sebuah kunci membangun bisnis dengan kemampuan meraup omset besar hasil penjualan produk atau lainnya. Dengan membahas mengenai 3 kunci membangun... Read More