HOME
Home » Seputar Bisnis » Manajemen Sistem Bisnis Hal Operasional Bisnis

Manajemen Sistem Bisnis Hal Operasional Bisnis

Posted at Desember 22nd, 2018 | Categorised in Seputar Bisnis

Membahas manajemen sistem bisnis di sini adalah sistem bisnis untuk kegiatan operasional bisnis. Ketahuilah yang sudah saya jelaskan mengenai misi bisnis, kepemimpinan bisnis, arus kas bisnis dan manajemen komunikasi bisnis merupakan sistem bisnis tersendiri yang berjalan bersamaan dengan sistem lainnya.

Sehingga manajemen sistem cakupannya alias ruang lingkupnya lebih komplek yang menggabungkan sistem bisnis yang sudah disebut di atas dengan sistem bersifat teknis untuk kegiatan operasional bisnis.

Program Adsense, Aset Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Hasil dari verifikasi PIN, Google mengirimkan kode 340 untuk verifikasi Bank lokal. Artinya, Jasa Google Adsense yang saya tawarkan dianggap terpercaya

Namun yang saya bahas di sini hanyalah sistem yang sifatnya teknis.

Seperti sistem manajemen komunikasi maka sistem teknisnya adalah seperti alat autoresponder, radio, televisi, website dan sebagainya. Kalau masalah sistem manajemen arus kas maka sistem yang bersifat tekninya adalah seperti pembukuan keuangan, dan sebagainya.

Bisnis adalah bisnis yang tetap butuh dengan hal teknis dan Anda harus tahu hal teknis yang dibutuhkan bisnis seperti sistem pembuatan produk, sistem pemasaran produk, sistem pengaturan SDM, dan sebagainya.

Bagaimana sistem untuk bisnis di internet? Nah, bagi Anda yang ingin bisnis di internet maka perlu memikirkan tentang:

  • Komputer atau sejenisnya
  • Koneksi internet.
  • Website
  • Programmer
  • Domain dan hosting
  • Anti virus Software
  • Browser
  • Anti spyware software
  • HTML Editor
  • FTP Program
  • Adobe Reader
  • dll

Semua sistem bisnis yang bersifat teknis untuk kegiatan bisnis harus saling membantu demi satu tujuan: Profit.

Tentu, bila ingin bisa manajemen sistem sebelum sistem itu bekerja untuk kepentingan bisnis maka Anda harus berani investasi untuk kepentingan mempelajari sistem yang bersifat teknis.

Dengan catatan bahwa Anda mempelajari sistem bisnis yang bersifat teknis adalah hanya sekedar mengetahui sistem-sistem yang diperlukan. Anda tidak perlu mempelajari secara mendalam sampai menjadi ahli. Tidak perlu begitu.

Nah, saya pun mempelajari sistem dan menggunakan sistem bisnis yang bersifat teknis pada pihak yang memang mengurusi hal ini. Untuk sementara saya masih mempelajari mengenai sistem bisnis pada tiga panduan bisnis milik GM Susanto. Anda bisa lihat ketiga panduan bisnis disini. Sistem bisnis yang akan dipelajari Anda adalah mengenai sistem bisnis secara online.

Setiap bisnis entah besar atau kecil pasti memerlukan sistem yang bersifat teknis. Apalagi bisnis besar, pasti sangat membutuhkan sistem bersifat teknis.

Bila sistem bisnis untuk bisnis besar, si pemilik bisnis bukan termasuk sistem mutlak. Artinya, bila pemilik itu sedang berlibur selama satu bukan maka bisnis tetap berjalan sesuai pekerjaan masing-masing sistem.

Bila sistem untuk bisnis kecil, si pemilik mutlak sistem bisnis. Artinya terlibat dalam kegiatan operasional bisnis. Bila si pemilik meninggalkan bisnisnya, maka sistem akan mengalami kemacetan.

Namun ada bisnis kecil yang cukup tidak mengandalkan si pemilik. Apa itu? Bisnis di internet. Cukup membayar orang-orang untuk membantu mendidirkan sebuah situs blog bisnis, maka sudah menghasilkan aset bisnis yang berjalan sendiri tanpa diurus oleh si pemilik. Pemilik hanya melakukan teknik email marekting untuk pembahasan khusus penjualan produk dan ini pun tidak membutuhkan waktu berhari-hari karena sudah diotomatiskan lewat teknologi yaitu autoresponder.

Enakkan bisnis di internet? Kerjanya tidur saja pun bisa menghasilkan duit.

Berikut ini saya akan memberi tahu Anda sedikit mengenai sistem yang bersifat teknis untuk kepentingan bisnis online atau bisnis ofline. Saya mengambil dari buku Guide To Investing karya Robert Kiyosaki. Berikut beberapa point sistem bisnis:

  • Sistem operasi kanntor harian
  • Sistem pengembangan produk
  • Sistem manufaktur dan inventaris
  • Sistem pemrosesan pemesanan
  • Sistem penagihan dan piutang
  • Sistem pelayanan pelanggan
  • Sistem pemesanan
  • Sistem SDM
  • Sistem pembukuan umum
  • Sistem korporat umum
  • Sistem manajemen ruang fsik

Itulah sistem yang diperlukan untuk kepentingan bisnis online ataupun bisnis ofline.

Untuk mempelajari secara detail mengenai sistem bisnis dan manajemennya, Anda bisa membeli buku mengenai tema di atas yang ada di toko buku atau mungkin di internet. Karena banyak buku yang mengatur di atas. Pastikan bahwa bila Anda ingin bisnis, maka Anda harus memamahi sistem teknis dan juga membelinya bila memang harus membeli seperti komputer, koneksi internet, alat pembuatan vidio dan sebagainya.

No comment for Manajemen Sistem Bisnis Hal Operasional Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Manajemen Sistem Bisnis Hal Operasional Bisnis

Membangun Bisnis Dengan Mengawali Membangun Diri Sendiri

Posted at 22 Februari 2019

Robert T Kiyosaki berkata, “…saya jamin, kehilangan kepercayaan dan keyakinan pada diri sendiri adalah lebih buruk daripada kehilangan jutaan dollar.” Anda percaya? Bila anda... Read More

Cari Mentor Bisnis Untuk Membangun Bisnis Besar Sukses

Posted at 19 Februari 2019

Memang sulit dalam hal mencari mentor untuk belajar bisnis besar secara khusus bisnis online. Karena seorang yang mampu bisnis biasanya tidak akan mengajarkan bisnis... Read More

Peluang Bisnis Berjualan Kue Kering

Posted at 6 Februari 2019

Bisnis kue kering salah satu jenis bisnis kue yang banyak dijadikan bisnis oleh kebanyakan orang karena memang jenis kue ini yang sangat dibutuhkan orang... Read More

4 Tips Sukses Mengelola Bisnis Yang Merugi

Posted at 4 Februari 2019

Apakah ada orang yang sudah berusaha susah-payah membangun bisnis, katakanlah bisnis online, namun berkeinginan untuk membuat rugi perusahaan yang dibangun? Apakah ada? Soorang Bob... Read More

3 Kunci Membangun Bisnis Omset Besar

Posted at 29 Januari 2019

Saya akan mencoba menguraikan sebuah kunci membangun bisnis dengan kemampuan meraup omset besar hasil penjualan produk atau lainnya. Dengan membahas mengenai 3 kunci membangun... Read More