Rahasia Uang
Sep13

Solusi Robert T Kiyosaki Untuk Memecahkan Masalah Uang

0 komentar

Uang memang dalam pembahasan yang (mungkin) penting kalau melihat fenomena yang terjadi di dalam kehidupan ini.

Bahkan masalah cinta pun bisa menjadi penting bila melihat pada sisi uang. Banyak orang yang cerai, hubungan bermasalah, atau mengejar-ngejar karena mementingkan uang.

Memang bila boleh jujur, uang bukan segalanya tetapi hampir segalanya memang butuh uang. Anda boleh tidak percaya dalam hal ini tetapi bila melihat realita memang seperti ini. Bahkan agama/keyakinan bisa dibeli dengan menggunakan uang.

Uang dianggap kebanyakan manusia menjadi hal penting bahkan lebih tragis bahwa uang bisa menjadi masalah penting untuk bisa dipecahkan secepatnya. Karena sebagian uang memang untuk memenuhi hajat sekarang/mendesak yang tidak bisa ditunggu-tunggu.

Walaupun uang bisa dihasilkan orang dalam jumlah yang banyak yang secara perkiraan bisa untuk penyelesaian masalah, tetapi tetap saja secara ril uang bisa untuk membuat banyak masalah.

Bila sudah mengalami masalah mengenai uang/keuangan, solusi apa yang bisa untuk memecahkan masalah uang?

Berikut saya akan memberikan pendapat Robert dalam buku Increase Your Finansial IQ (2008 : 6).

Kecerdasan keuangan merupakan solusi masalah uang. Dalam pengertian sederhana, kecerdasan keuangan adalah bagian dari kecerdasan total yang kita gunakan untuk memecahkan masalah keuangan.

Lebih dikatakan tepat dikatakan adalah “Cerdas Mengelola Keuangan” agar meminimalisir masalah keuangan. Karena kita tidak bisa memecahkan masalah keuangan bila tidak cerdas mengelola keuangan.

Contoh-contoh mengenai permasalahan keuangan yang paling umum ditemui yaitu sebagai berikut:

  • “Sudah kerja keras kok uang saya tidak banyak-banyak?”
  • “Utang saya makin besar”
  • “Sulit sekali membangun rumah yang layak”
  • “Mobil kesayangan saya rusak di saat tidak ada cukup uang untuk memperbaikinya. Bagaimana ini.”
  • “Saya punya uang 100 juta. Sebaiknya saya investasikan di mana?”
  • “Saya tidak sukan pekerjaan saya, tetapi saya tidak sanggup untuk berhenti.”

Lebih lanjut, Robert mengatakan(2008 : 7),

Kecerdasan keuangan memecahkan semua masalah uang ini dan masalah uang lain. Sayangnya, kalau kecerdasan keuangan kita tidak cukup untuk berkembang untuk bisa memecahkan masalah kita, masalah itu tetap ada. Masalah tidak pergi. Sering kali justru memburuk, menimbulkan makin banyak masalah uang. Misalnya, ada jutaan orang yang tidak punya cukup banyak bekal uang untuk masa pensiun. Kalau mereka gagal memecahkannya, masalah itu memburuk, seiring dengan makin berumurnya mereka dan makin banyaknya uang yang diperlukan untuk perawatan kesehatan.

Artinya, setiap masalah uang/kekuangan harus diselesaikan dengan kecerdasan keuangan. Dan kecerdasan keuangan harus selalu berkembang agar bisa terhindar dari masalah keuangan.

Yang penting diperhatikan dan selalu kita sadari adalah, masalah uang memang tetap ada, betapapun bagusnya kecerdasan keuangan. Karena hidup tidak terlepas dari yang namanya masalah khususnya masalah keuangan.

Bila kita memiliki kecerdasan keuangan yang terus berkembang maka masalah keuangan akan cepat teratasi. Inilah bedanya orang yang memiliki kecerdasan keuangan yang standar dan yang terus berkembang. Sehingga masalah lama tidak tersimpan yang akan menumpuk seiring terus-menerus mendapatkan masalah uang yang baru.

Apakah anda sudah memikirkan kecerdasan anda sendiri untuk memecahkan masalah keuangan anda?

Logikanya, masalah keuangan pasti selalu ada. Untuk itu kita harus selalu meningkatkan kecerdasan keuangan kita agar masalah uang cepat teratasi.

Baca: Rahasia Uang Yang Dilakukan Orang Kaya

Referensi: Robert T Kiyosaki, Increase Your Finansial IQ, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Posting terkait "Solusi Robert T Kiyosaki Untuk Memecahkan Masalah Uang"

Tinggalkan pesan "Solusi Robert T Kiyosaki Untuk Memecahkan Masalah Uang"