Seputar Bisnis
Sep23

Mencari Celah Niche Market

0 komentar

Menggarap pasar dalam kepentingan bisnis dengan menggunakan sistem niche market adalah solusi bagi anda yang baru bergelut dalam bisnis. Tentu secara khusus dalam hal ini adalah bisnis internet atau yang biasa disebut bisnis online.

Anda tidak mau kan sudah lama bergelut dalam bisnis dengan hasil yang tidak ada perkembangan akan tetapi pesaing anda baru memulai bisnis sudah menguasai pasar anda? Kalau pun anda masih tetap untung walau ada persaingan tapi ini juga sekedar sedikit terhindar dari merugi.

Itulah persaingan dalam bisnis. Persaingan memang tidak dapat dihindari karena memang hidup selalu dalam persaingan dan ini adalah fakta, kenyataan terutama dalam hal bisnis. Sehingga setiap saat anda harus perlu memperhatikan keadaan pesaing.

Apabila anda sudah muak dengan persaingan yang makin tidak sehat saja dan membuat bisnis anda tidak mendatangkan keuntungan yang signifikan, mungkin tidak ada salahnya mencoba sistem yang ditawarkan niche marketing. Niche market bukan sekedar teori tetapi juga kreatifitas anda dalam menentukan niche market seperti apa yang mau anda lakukan.

Anda mungkin bertanya-tanya, jenis bisnis seperti apa saja yang bisa anda terapkan dengan sistem niche market ini? Nah, terlebih dahulu anda bertanya, “Apakah saya memulai bisnis karena mengikuti pasar yang sedang populer dan tidak membuat inovasi yang berbeda?” Bila anda bisa menjawab maka itulah awal anda berpikir untuk mencari niche market

Sebagai misal, sekarang-sekarang ini musim penjualan pulsa. Penjualan pulsa sekarang ini masih subur dan malah makin subur. Artinya, makin banyak yang menjual pulsa.

Seperti kios di daerah saya, banyak kios berjejeran yang saling menjual pulsa dengan jenis yang sama dan harga yang sama. Antar kios saling menawarkan pulsa beserta aksesoris. Memang rejeki sudah ada yang mengatur sehingga tentu ada saja orang yang membeli ke tempat yang berbeda.

Apakah itu niche market? Anda mungkin menyangkal, “tidak”. Bila anda menyangkal maka anda sudah mengerti bahwa kegiatan bisnis seperti bisnis pulsa bukan dikatakan niche market.

Jadi anda belum menemukan niche market bila melihat kasus penjualan pulsa. Maklum orang Indonesia terbiasa mengekor sampai akhirnya tidak bisa menemukan niche market.

Lalu seperti apa contoh niche market itu sendiri di Indonesia?

Contohnya apa? Bila menggunakan contoh penjualan pulsa, mungkin akan sulit menemukan niche market dalam segi produk.

Katakanlah disitu banyak yang berjualan bakso. Lalu anda ingin berjualan bakso. Tetapi anda bingung, karena penjual bakso lama sudah punya pelanggan sendiri dan anda tidak bisa bersaing bersama sesama bakso.

Coba amati. Karena mencari niche market adalah mengamati. Amati apa yang belum ada. Ternyata, yang belum ada adalah penjual bakso ayam. Anda bisa menjual bakso ayam. Umunya penjual disitu menjual bakso sapi. Nah, anda pasti terhindar dengan persaingan.

Untuk menarik pelanggan, berikanlah fasilitas yang baik melebihi pedagang lain, dan seterusnya.

Kasus anda itulah maka akan terbentuk niche market dalam bisnis anda.

Jadi anda tertarik untuk menerapkan sistem niche marketing ini pada bisnis anda?

Bila tertarik, teruslah mencari celah market di antara persaingan-persaingan.

Posting terkait "Mencari Celah Niche Market"

Tinggalkan pesan "Mencari Celah Niche Market"