HOME
Home » Blog Bisnis » Langkah Menulis Artikel Standar SEO

Langkah Menulis Artikel Standar SEO

Posted at Maret 22nd, 2019 | Categorised in Blog Bisnis

Di pembahasan ini, saya hanya membahas proses menulisnya saja yang akan mengacu pada standar SEO. Langkah menulis sesuai standar SEO bisa dipakai untuk jenis tulisan apa saja, entah puisi, cerita, catatan harian, atau biografi. Asalkan teknik menulisnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Bagaimana menulis sesuai standar SEO?

Maka pertanyaan yang pertama kali anda tanyakan adalah “kata kunci apa yang akan anda buat sebagai judul?” Ingat, dalam membuat kata kunci, utamakan memakai kata kunci long tail keyword agar bisa menyingkir dari pesaing yang berat. Lagi pula, pengunjung lebih suka memakai kata kunci panjang dalam mencari informasi.

Program Adsense, Aset Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Hasil dari verifikasi PIN, Google mengirimkan kode 340 untuk verifikasi Bank lokal. Artinya, Jasa Google Adsense yang saya tawarkan dianggap terpercaya

Bagaimana memahami kata kunci (keyword) pendek dan panjang?

  • Kata kunci pendek: 1-3 kata (atau 2 kata)
  • Kata kunci panjang: lebih dari 3 kata

Intinya, kata kunci pendek adalah kata kunci umum yang tidak ada spesifikasinya. Seperti kata kunci ‘cinta sejati’ yang tidak ada spesifikasi cinta sejatinya. Kalau ada tambahan ‘cinta sejati seorang ibu’, berarti spesifikasi cintanya hanya ada pada ibu.

Agar lebih mudah memahami, misal contoh kata kunci handphone. Ada tahu handphone? Pasti tahu. Namun masih ada pertanyaan, handphone apa? Lalu dijelaskan bahwa handphone yang dimaksud adalah handphone Nokia. Secara umum, handphone Nokia pun memiliki berbagai tipe. Tipe-nya apa? Ternyata ‘Handphone Nokia Tipe 06934’. Maka kata kunci tersebut sudah memiliki spesifikasi, yang bisa dikatakan kata kunci panjang dilihat dari versi produk.

Namun ketika melihat konten situs tentang Handphone Nokia Tipe 06934, masih ada kata kunci yang lebih panjang lagi seperti “Handphone Nokia Tipe 06934 Murah” atau “Jual Handphone Nokia Tipe 06934 Murah

Mari memilih kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat artikel atau konten tulisan apapun.

  • Pengertian Cinta Sejati
  • Mencari Cinta Sejati
  • Kisah Cinta Sejati
  • Tips Cinta Sejati

Anggap saja kata kunci di atas memilik jumlah pencarian terbanyak. Kata kunci itu akan digunakan sebagai judul artikel.

Anda bisa membuat judul yang sama dengan kata kunci. Misalkan saja memilih kata kunci Pengertian Cinta Sejati sebagai judul artikelnya. Bila ada kata kunci yang lebih panjang lagi, seperti Pengertian Cinta Sejati Menurut Islam’, bisa memakai yang panjang asalkan bisa membahasnya.

Anda perlu ingat, target utama adalah kata kunci Pengertian Cinta Sejati bukan Cinta Sejati walaupun keduanya hampir sama. Untuk itu dalam membuat artikel setidaknya harus mengulang kata kunci tersebut sebanyak minimal 2% dari total kata.

Saya akan contohkan menyebarkan kata kunci di dalam artikel. Kata yang disebarkan adalah.

  1. Pengertian Cinta Sejati
  2. Cinta Sejati
  3. Cinta
  4. Pengertian

Hanya rumus sederhana itu saja, kata kunci ‘satu kata’ bisa memiliki lebih dari 2% pengulanan dari totalkata. Dengan begini, tidak menarget beberapa kata kunci utama saja, sudah memiliki banyak kata kunci yang diulang.

Saya tempatkan kata kunci ‘Pengertian Cinta Sejati’ di paragraf awal, tengah dan akhir.

Paragraf Pertama:

Sebelum membahas panjang, saya ingin bertanya, apakah anda tahu pengertian cinta sejati? Bila anda sudah tahu pengertiannya, sepertinya pembahasan ini tidak cocok untuk anda. Namun bila anda menginginkan pengertian versi dari saya, bisa menyimak pembahasan detailnya di bawah. Bisa jadi setelah membaca, anda akan mengerti bahwa cinta sejati tidak seperti yang anda pikirkan sebelumnya.

Paragraf Tengah:

Lalu seperti apa pengertian cinta sejati? Anda bisa menyimak rincian penjelasannya agar paham bahwa pengertian yang anda ketahui itu bisa jadi salah. Berikut rincian penjelasannya:

Paragraf Terakhir:

Betul kan bahwa pengertian cinta sejati yang anda pahami telah salah? Lalu bagaimana bisa sudah terlanjur salah dalam memahami cinta sejati ini? Segera tobat dan kembali pada jalan pengertian terbaik.

Setelah menempatkan kata kunci di awal, tengah dan akhir paragraf. Tentu sangat diajurkan menyebarkan kata kunci di dalam heading, bila memungkinkan. Namun jangan paksakan bila tidak memungkinkan bisa dimasukkan. Anda bisa membuatnya dengan bervariasi saja. Sebagai contoh, lihat di bawah.

  1. Pengertian Cinta Sejati Menurut Ilmu Biologi

Menurut ilmu biologi, cinta sejati adalah bla bla bla. Menurut kenyataan yang ada, pengertian ini lebih tepat untuk seseorang yang mencintai bla bla…

  • Pengertian Cinta Sejati Menurut Ilmu Psikologi

Menurut ilmu biologi, ketika seseorang sedang mengalami cinta yang bla bla, maka itu dianggap sebagai cinta sejati. Pengertian ini sekaligus membedakan cinta yang berdasarkan biologis semata. Dengan begini, anda bisa meraih cinta sejati dengan mudah.

Tambahkan LSI untuk meningkatkan relevansi dan variasi keyword. Sudah pernah dengar LSI, Latent Semantic Indexing? Semua search engine modern memanfaatkan sistem LSI untuk bisa memahami arti dari suatu kata dalam artikel. Caranya dengan membaca kata-kata yang mengelilinginya.

Manfaatkan sistem LSI ini dalam 2 hal:

  • Meningkatkan relevansi artikel terhadap kata kunci. Semakin relevan maka peringkat akan semakin baik.
  • Menambah kemungkinan artikel untuk ter-rangking dalam kata kunci LSI lain.

Sebagai misal kata kunci Pengertian Cinta Sejati. Variasi kata di belakangnya, contoh

  • Pengertian Cinta Sejati Lawan Jenis
  • Pengertian Cinta Sejati Ibu
  • Pengertian Cinta Sejati Anak
  • Pengertian Cinta Sejati Suami Istri

Ketika dibuat judul, tentu anda akan merasa bingung, mau pilih kata yang mana? Sedangkan pembahasan sedang menarget kata kunci ‘Pengertian Cinta Sejati’ saja, tidak ada embel-embel. Namun anda pun ingin memanfaatkan LSI.

Maka solusi terbaik cukup menambahkan beberapa kata tambahan di atas, namun jangan berlebihan. Anda bisa menambahkan 1 kata saja bila variasinya bisa dimasukkan semua.

Intinya buatlah seindah rangkaian tulisan bukan pemaksaan memasukkan kata tambahan dari kata kunci.

Contoh:

Pengertian cinta sejati bisa anda ketahui ketika anda melihat seorang ibu yang bersusah-payah membesarkan sang anak. Hasil yang anda amati untuk pengertian tersebut adalah bahwa cinta sejati dekat dengan pengorbanan yang tulus, dari seorang ibu ke anaknya.

Tags :

No comment for Langkah Menulis Artikel Standar SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Langkah Menulis Artikel Standar SEO

Dua Pandangan Berbeda Mengenai Pelajaran Uang

Posted at 19 Januari 2019

Anda pernah diajari mengenai masalah uang di sekolah? Pasti pernah tetapi masalah pelajaran akuntansi. Tetapi apakah anda pernah diajari masalah cara mencari uang atau... Read More

Beternak Blog Untuk Bisnis Online Modal Cekak

Posted at 28 November 2018

Anda harus sadar bahwa membangun bisnis online dengan modal cekak memang bisa menghasilkan uang. Namun bila hanya mengandalkan strategi modal cekak, maka tentu akan... Read More

Blog Bisnis Online Meningkatkan Penjualan

Posted at 29 Oktober 2018

Sudah kita ketahui bahwa blog adalah sumber trafik untuk kepentingan bisnis online. Banyak pebisnis online dunia yang mengandalkan banyak blog sebagai mesin aset yang... Read More

Blog Bisnis Online dengan Blogger.com

Posted at 21 Oktober 2018

Banyak sekali situs layanan blog untuk kepentingan bisnis online. Namun situs Blogger.com adalah layanan blog paling bagus sesudah WordPress dan mudah dibuat dan di... Read More

Memulai Bisnis Online Dengan Mengawali Blogger

Posted at 22 September 2018

Anda sudah siap untuk memulai bisnis online? Saya akan memberikan arahan untuk anda. Jangan melangkah dulu untuk bisnis online bila anda baru belajar dengan... Read More