HOME
Home » Seputar Bisnis » Miliki Target Market Bisnis Yang Jelas Untuk Kesuksesan Bisnis

Miliki Target Market Bisnis Yang Jelas Untuk Kesuksesan Bisnis

Posted at September 3rd, 2018 | Categorised in Seputar Bisnis

Anda dan bisnis anda berhubungan dengan “pelanggan” yang akan memandang pada anda dan bisnis anda. Sehingga, mengetahui siapa orang yang akan menjadi pelanggan dari bisnis anda adalah hal penting yang harus dikuasai. Bahasa yang sering disebut adalah “target market” bisnis.

Dengan memiliki pengetahuan target market untuk bisnis anda maka perjalanan menuju sukses bisnis tidak terlalu berbelit-belit dan tidak memakan waktu lama. Karena sasaran orang yang akan menjadi pelanggan anda sudah jelas diketahui.

Program Adsense, Aset Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Hasil dari verifikasi PIN, Google mengirimkan kode 340 untuk verifikasi Bank lokal. Artinya, Jasa Google Adsense yang saya tawarkan dianggap terpercaya

Brian Tracy mengatakan (4 : 2009),

“Dalam memutuskan bagaimana anda akan menempatkan diri dalam pasar, mulailah dari pelanggan ideal anda. Siapakah mereka? Mengapa mereka membeli? Apa yang bernilai bagi mereka? Apakah manfaat spesifik yang mereka cari ketika membeli produk atau jasa anda? Apa yang harus diyakinkan pada pelanggan anda sebelum mereka membeli dari anda”

Oh ya, idealnya dari perkataan Tracy di atas mengenai kata “pelanggan” adalah “orang yang akan membeli produk bisnis.” Tetapi agar memberikan pemahaman yang jelas lebih baik saya katakan kata pelanggan diganti dengan kata “Calon Pelanggan alias Calon Pembeli.”

Dengan memahami tentang calon pelanggan anda mengenai cara pandang calon pelangan terhadap bisnis, maka penting juga memahami tentang cara pandang calon pelanggan anda terhadap pesaing bisnis anda.

Memang anda butuh target market bisnis yang jelas sehingga tidak salah langkah. Tetapi memiliki target market bisnis belum lengkap bila belum mengetahui pesaing yang akan mempengaruhi calon pelanggan/pelanggan.

Lanjut Tracy (2009) untuk pelengkapi perkataan di atas,

“Siapa pesaing anda? Mengapa pelanggan ideal anda membeli dari pesaing dan bukannya dari anda? Nilai apa yang diterima pelanggan dari penawaran pesaing anda yang yang tidak ada dalam penawaran anda? Fitur dan manfaat apa yang paling menarik dari penawaran pesaing anda yang tidak mereka peroleh dari penawaran anda? Apakah kekuatan mereka? Bagaimana pesaing anda dapat bertahan sampai sekarang? Apa yang mereka lakukan untuk mempertahankan orang-orang sehingga mereka tidak membeli produk dan jasa anda?”

Kata pesaing, lebih enak bila saya katakan sebagai pemain bisnis. Karena banyak pesaing-pesaing malah justru bisa menguntungkan bila sudah menjalin Jont Venture. Tapi sudah lah, lebih baik saya menggunakan kata pesaing.

Dengan mengetahui siapa calon pelanggan dan bagaimana calon pelanggan memandang bisnis anda juga disertai mengetahui bagaimana calon pelanggan terhadap pesaing anda maka akan memberikan dampak yang bagus terhadap bisnis anda.

Tentu dengan mengetahui calon pelanggan ideal anda alias target market bisnis anda, juga disertai dengan memperhatikan tentang penambahan dan perbaikan bila memang harus ada yang ditambahkan dan diperbaiki dalam bisnis khususnya masalah produk atau jasa.

Tracy mengatakan (2009),

“Setelah pelanggan ideal anda dan apa yang mereka inginkan jelas, serta segala sesuatu tentang pesaing dan alasan pelanggan anda membeli dari pesaing anda pun jelas, maka anda dapat menganalisis dan memperbaiki produk atau jasa anda lebih detail”

Referensi: Brian Tracy, The Way to Wealth in Action, Terj, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2009 

Tags :

No comment for Miliki Target Market Bisnis Yang Jelas Untuk Kesuksesan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Miliki Target Market Bisnis Yang Jelas Untuk Kesuksesan Bisnis

Membangun Bisnis Dengan Mengawali Membangun Diri Sendiri

Posted at 22 Februari 2019

Robert T Kiyosaki berkata, “…saya jamin, kehilangan kepercayaan dan keyakinan pada diri sendiri adalah lebih buruk daripada kehilangan jutaan dollar.” Anda percaya? Bila anda... Read More

Cari Mentor Bisnis Untuk Membangun Bisnis Besar Sukses

Posted at 19 Februari 2019

Memang sulit dalam hal mencari mentor untuk belajar bisnis besar secara khusus bisnis online. Karena seorang yang mampu bisnis biasanya tidak akan mengajarkan bisnis... Read More

Peluang Bisnis Berjualan Kue Kering

Posted at 6 Februari 2019

Bisnis kue kering salah satu jenis bisnis kue yang banyak dijadikan bisnis oleh kebanyakan orang karena memang jenis kue ini yang sangat dibutuhkan orang... Read More

4 Tips Sukses Mengelola Bisnis Yang Merugi

Posted at 4 Februari 2019

Apakah ada orang yang sudah berusaha susah-payah membangun bisnis, katakanlah bisnis online, namun berkeinginan untuk membuat rugi perusahaan yang dibangun? Apakah ada? Soorang Bob... Read More

3 Kunci Membangun Bisnis Omset Besar

Posted at 29 Januari 2019

Saya akan mencoba menguraikan sebuah kunci membangun bisnis dengan kemampuan meraup omset besar hasil penjualan produk atau lainnya. Dengan membahas mengenai 3 kunci membangun... Read More