Seputar Bisnis
Agu30

Peluang Mengikuti Bisnis MLM Terpercaya Untuk Merubah Hidup

0 komentar

Banyak orang yang mengikuti bisnis MLM mengatakan bahwa bisnis yang mereka ikuti adalah peluang bagus untuk bisnis. Mereka pun memberikan alasan-alasan kenapa bisnis yang mereka ikuti adalah sebuah peluang yang bagus.

Peluang bisnis MLM seperti yang saya ketahui adalah sebuah bisnis dengan hak waralaba pribadi dengan modal yang kecil. Itu artinya bahwa seseorang yang bergabung akan memiliki bisnis sendiri dengan modal kecil tetapi potensi menghasilkan besar.

Itu seakan-akan memberikan angin segar alias peluang bisnis yang bagus untuk rakyat miskin yang ingin merubah hidupnya menjadi kaya. Walau kenyataan tidak demikian (alias orang berduit lagi yang bisa menjalankan). Jarang, orang miskin bisa kaya secara instan lewat bisnis MLM.

Baca: Nilai MLM Bisnis

Lalu bagaimana peluang bisnis MLM yang dikatakan bagus untuk bisnis?

Tentu, bisnis MLM yang sebagai peluang bisnis yang bagus apabila memenuhi 3 alasan pada bisnis MLM menurut Robert T Kiyosaki.

  • Alasan pertama: Membantu orang lain.
  • Alasan kedua: Membantu diri sendiri.
  • Alasan ketiga: Suka mengajar dan belajar.

Tentu tidak cukup bila hanya mengandalkan memiliki 3 alasan lalu dikatakan bisnis MLM dikatakan peluang bisnis bagus.

Intinya adalah bukan dua ini:

BUKAN UANGNYA…

Sebuah kutipan dari perkataan Robert T Kiyosaki (2008 : 9),

“‘Kami memiliki rancangan kompensasi terbaik.’ Saya sering mendengar ucapan seperti ini ketika menyelidiki berbagai perusahaan pemasaran jaringan. Orang yang ingin sekali menunjukkan peluang bisnisnya kepada saya bercerita tentang orang yang berpenghasilan ratusan ribu dollar per bulan dari bisnis ini. Saya juga sudah bertemu dengan orang yang benar-benar berpenghasilan ratusan ribu dollar per bulan dari bisnis pemasaran jaringan… Jadi saya tidak meragukan potensi penghasilan yang sangat besar dari pemasaran jaringan.”

Saya sering mendengar hal ini saat pertemuan-pertemuan bisnis MLM yang saya ikuti. Selalu berkata uang, uang, uang. Sampai saya jenuh dengan hal ini.

Bila ada kata “Saya sudah 10 juta perminggu,” tepuk tangan kekaguman memekikkan telinga saya.

Mereka padahal memiliki panduan buku Robert T Kiyosaki salah satunya Business School yang khusus membahas bisnis pemasaran jaringan tetapi rupa-rupanya tidak memperdulikan perkataan Kiyosaki atau memang tidak membaca bukunya.

Apakah anda selalu mendengar kata uang uang dan uang pada bisnis pemasaran jaringan?

Lanjut Robert Kiyosaki, “Umpan memperoleh banyak uang menarik banyak orang ke dalam bisnis ini. Namun saya tidak menyarankan untuk melihat bisnis pemasaran jaringan terutama dari uangnya.” (2008 : 9).

Peluang bisnis MLM yang bagus adalah ternyata tidak melihat dalam segi uangnya.

BUKAN PRODUKNYA…

Sebuah kutipan dari perkataan Robert T Kiyosaki (2008 : 9-10),

“‘Kami mempunyai produk terbaik’. Pernyataan ini merupakan keuntungan kedua paling ditekankan yang dipresentasikan kepada saya ketika memeriksa berbagai bisnis pemasaran jaringan. Penyelidikan saya terhadap perusahaan pemasaran jaringan yang berbeda, membuat saya sangat terkejut dengana begitu banyaknya produk atau jasa yang disalurkan melalui sistem pemasaran jaringan.”

Lanjut Robert (2008 : 10), “… Saya menginginkan produk dan jasa yang ditawarkan. Tetapi produk dan rancangan kompensasi bukan alasan utama saya mendorong orang untuk menyelidiki bisnis pemasaran jaringan yang berbeda.”

Apakah anda sering mendengar orang-orang yang mengajak untuk gabung pada bisnis jaringan selalu mengandalkan kehebatan produk-produknya?

Pasti mendengar kata-kata, “produk kami paling hebat”, “Produk termurah murah dipasaran”.

Abaikan saja bila anda mendengar hal ini dari teman yang mengajak anda atau dari siapapun. Jangan mengikuti bisnis MLM karena bukan peluang bisnis yang bagus.

Lalu apa yang diperhatikan sebagai peluang bisnis MLM yang bagus?

YAITU RANCANGAN PENDIDIKANNYA…

Perhatikanlah dan jadilanlah ini perhatian paling utama yaitu masalah rancangan pendidikannya.

Rancangan pendidikannya adalah bukan malah menghancurkan semangat untuk berbisnis selain bisnis MLM.

Banyak leader-leader alias up line  yang mengajarkan pada member bawahnya justru menghancurkan semangat berbisnis selalin MLM. Bila dalam presentasi mengatakan demikian, maka itu awal kehancuran mental bisnis dan pengetahuan bisnis.

Tentu tidak sesuai yang diharapkan Kiyosaki. Robert malah melihat peluang bagus bisnis pemasaran jaringan alias MLM karena pendidikannya yang akan membangun mental dan pengetahuan bisnis untuk bisnis apapun.

Simak perkataan Robert Kiyosaki yang akan mengejutkan member MLM (2008 : 11),

“Lihatlah dengan cermat, karena sebagian besar perusahaan pemasaran jaringan mengatakan bahwa mereka memiliki rancangan pendidikan yang hebat. Namun saya menemukan banyak yang tidak mempunyai sistem pendidikan dan pelatihan hebat yang mereka katakan. Pada sebagian besar perusahaan yang saya selidiki, satu-satunya pelatihan yang mereka miliki hanyalah daftar buku, kemudian mereka lebih banyak melatih anda untuk merekrut teman-teman dan keluarga anda dalam bisnis. Dengan kata lain, mereka hanya mendidik anda untuk menjadi wiraniaga yang lebih baik bagi produk atau sistemnya.”

Lihat dalam perkataan Robert ada kata “Wiraniaga”. Bila perusahaan bisnis MLM tidak ada pendidikan untuk membangun bisnis dan mental bisnis, maka tentulah hanya mendidik jadi wiraniaga alias pedagang alias sales.

Apakah anda menemukan perusahaan-perusahaan MLM yang seperti dalam perkataan Robert?. Bila menemukan hal demikian, jangan jadikan itu sebagai peluang bisnis MLM yang bagus.

Tapi kebanyakan bisnis MLM memang tidak mempunyai rancangan pendidikan yang bagus sepengetahuan saya.

Referensi: Robert T Kiyosaki, Business School, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Posting terkait "Peluang Mengikuti Bisnis MLM Terpercaya Untuk Merubah Hidup"

Tinggalkan pesan "Peluang Mengikuti Bisnis MLM Terpercaya Untuk Merubah Hidup"