Seputar Bisnis
Sep22

Pengertian Niche Marketing

0 komentar

Niche market adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis. Ya, anda perlu memilih pasar khusus yang akan anda kuasai disitu. Dengan memilih segmen pasar, maka anda akan menemukan celah kesuksesan

Pengertian niche market menurut Wikipedia adalah produk atau jasa yang khusus ditujukan untuk memuaskan kebutuhan pasar secara spesifik. Inti pengertian menurut saya adalah menjual produk atau jasa secara spesfik untuk kebutuhan konsumen secara spesifik.

Dengan mengetahui dan melakukan pemilihan dan pembatasan pasar maka hal ini memungkinkan bisa memperkecil persaingan di pasar.

Walau kenyataan di Indonesia hanya sedikit pebisnis yang tergabung dalam niche marketing sebab mereka lebih asik terkena sistem “Latah”. Sistem latah membuat persaingan makin tajam karena semua orang menjual hal yang sama di tempat yang sama pada waktu yang sama.

Anda perlu mengamankan diri untuk terjun ke niche marketing walau membutuhkan waktu yang lumayan untuk memikirkan hah-hal yang dianggap niche. Hal ini sekali lagi bisa menyebabkan daya saing pada usah anda tidak terlalu tinggi dan terhindar pembengkakan biaya. Tentu anda harus bisa dapat memainkan peran dengan baik, maka akan mendapatkan keuntungan yang lumayan bahkan menakjubkan.

Misalnya Anda Menjual Sepatu. Ini hanya misal saja dalam pembelajaran niche marketing.

Apa yang anda pikirkan tentang sepatu? Tentu berbagai macam merek kan? Misalkan di sebuah pasar online banyak yang menjual sepatu dari berbagai merek, sebut saja sebagai misal seperti Cibaduyut, Cibadak, Cibadut, Cibudak, dan sebagainya. Bila anda memaksakan diri untuk ikut pada penjualan yang berbagai merek, terlihat kan akan mengalami pembengkakan biaya?

Nah, anda bisa mencari merek yang khusus menjual sepatu merek tertentu seperti sepatu Cibadak. Masih terlalu umum dengan alasan anda akan mengalami kesulitan. Maka pangkas lagi misalnya menjual sepatu kerja wanita. Alasan memilih sepatu kerja wanita kerena memang anda menyukainya dan banyak yang minat berdasarkan study kasus anda atau orang lain…

Apa yang terjadi bila bisnis toko online anda khusus menjual sepatu kerja wanita?

Tentunya, para wanita yang bergelut dalam dunia kerja tidak perlu repot-repot mencari tempat yang menjual sepatu seperti yang dibutuhkan karena ada yang khusus menjual sepatu kerja wanita.

Sangat tertarget kan?

Ini salah satu kegunaan niche marketing walau anda perlu memikirkan yang tidak sebenatar untuk menemukan niche marketing. Anda tinggal memilih satu produk, missal baju muslim, anda tinggal berfokus untuk memasarkannya.

tentu dalam hal dunia online harus meriset kata kunci dan juga meriset produk yang bersifat niche market.

Di dalam niche market anda harus tahu segala sesuatu tentang produk yang akan dipasarkan, misalnya dengan cara melakukan riset.

Karena ini akan membantu anda tahu apa yang menjadi kelebihan sekaligus kelemahan dari produk tersebut, jika anda mengetahui banyak tentang produk ini.

Apabila anda tertarik ingin menggeluti bisnis di dalam niche market cuma karena ingin mendapatkan komisi saja, namun anda tidak terlalu mengenal produk yang akan anda pasarkan, jangan anda berpikir untuk menjual produk itu.

Tujuan lain memilih niche market dalam bisnis online anda adalah untuk lebih mengenal produk yang anda jual. Pembeli minat membeli karena tahu produk yang dibelinya. Kalau misalkan anda tidak terlalu paham mengenai produk dan anda kesulitan menjelaskan ke pengunjung, bagaimana pengunjung mau membeli?

Posting terkait "Pengertian Niche Marketing"

Tinggalkan pesan "Pengertian Niche Marketing"